Jadi Penipu Amoral, Intip Peran Rosamund Pike dalam Film I Care a Lot

I Care a Lot - Image: Netflix

Like

Rosamund Pike kembali muncul melalui perannya dalam film terbaru buatan Netflix, I Care a Lot. Film yang baru dirilis pada aplikasi streaming Netflix 19 Februari lalu, menarik perhatian masyarakat.

Selain karena dibintangi oleh Rosamund Pike sebagai pemeran utama, film ini memiliki konsep cerita yang unik. Dengan mengusung genre komedi gelap dan dipenuhi oleh satir mengenai sistem perwalian terhadap para lansia di Amerika.

Sebenarnya, I Care a Lot bukanlah satu-satunya film yang menceritakan mengenai sistem perwalian yang ada di Amerika. Film Dokumenter The Guardians karya Billie Mintz sudah lebih dahulu menceritakan kisah serupa yang ditayangkan pada tahun 2018.

Sistem perwalian legal terhadap para lansia memang benar adanya di Amerika. Sejatinya, sistem tersebut diterapkan oleh pemerintah sebagai bentuk perlindungan terhadap masyarakat lansia yang sudah rentan dan kesulitan dalam mengurus diri mereka.

Tetapi, banyak isu yang beredar bahwa nyatanya sistem perwalian justru mengeksploitasi para lansia. Seolah bentuk persetujuan dan ingin menyuarakan masalah tersebut kepada dunia, Blakeson membuat film I Care a Lot ini.


 

I Care a Lot - Pinterest



Mengisahkan Marla Grayson (Rosamund Pike) yang merupakan seorang wali handal yang kerap ditunjuk oleh pengadilan untuk “melindungi” para lansia. Dibantu dengan rekan kerja dan kekasihnya Fran (Eiza González).

Nyatanya, Marla Grayson menjadikan perwalian yang seharusnya “menolong” justru malah “memanfaatkan” para lansia sebagai penghasil uang. Para lansia “dikurung” di panti jompo agar Marla dapat mengelola harta mereka.

Bisnis kotor tersebut tidak hanya dijalankan oleh Marla seorang, namun melibatkan pihak lain seperti dokter yang merawat lansia hingga pihak panti jompo. Seolah memang seluruh sistem dalam perwalian sudah rusak dan berisi orang-orang amoral.

Baca Juga: Hal Sederhana dalam Film Kopi dan June yang Penting Bagi Kehidupan Sehari-Hari Kamu

Sebagai seorang yang sukses dalam menjalankan bisnisnya, kemalangan datang kepada Marla setelah ia menjadi wali seorang wanita bernama Jennifer (Dianne Wiest). Hal itu membawa Marla berhadapan dengan orang yang berbahaya, seorang mafia rusia bernama Roman Lunyov (Peter Dinklage).

Sesuai konsep cerita, I Care a Lot berhasil menunjukkan betapa rusaknya sistem perwalian di Amerika. Dengan berbagai adegan yang menunjukkan bagaimana cara kotor yang mereka lakukan dalam “menjaga” lansia. Meski begitu, beberapa adegan terasa cukup datar dan kurang menarik.

Seperti perseteruan antara Marla dan Roman yang kurang terasa menegangkan. Kecerdikan dalam taktik mereka memang terlihat, namun akan lebih realistis bila perseteruan mereka dapat lebih ekstrim mengingat tokoh Roman seorang pimpinan mafia rusia.

Dengan membawa nuansa yang mirip dengan Gone Girl, akting Rosamund Pike dalam I Care a Lot patut diapresiasi. Ia membawa karakter Marla menjadi lebih hidup dengan kemampuannya.

Seorang wali yang amoral, menipu lansia yang tak berdaya untuk memperkaya diri sendiri. Sungguh karakter yang tidak akan disukai oleh siapapun. Maka dari itu, ending film ini tampaknya sangat tepat dan layak. Marla akhirnya menuai apa yang ia tabur.

Bila kalian menyukai karakter Ammy Gone Girl, film I Care a Lot ini wajib untuk kalian tonton. Namun, berhati-hatilah karena film ini akan membawa kalian ke tingkat emosi yang lebih tinggi kepada Marla dibanding saat melihat Ammy.

Baca Juga: 5 Hal yang Masih Menjadi Misteri di WandaVision