Ngomongin Cryptocurrency, Apa Itu Token dalam Blockchain?

Ilustrasi Cryptocurrency - Canva

Like

Beberapa waktu lalu nih, cryptocurrency tengah naik daun dan jadi perbincangan banyak orang. Cryotocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Di dalamnya ada sandi rahasia yang sulit ditebak yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital.

Cryptocurrency semakin dikenal oleh masyarakat global sejak 10 tahun terakhir. Di dalam Cryptocurrency ada istilah blockchain. Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Catatan berisikan transaksi digital yang terdiri dari banyak server. Teknologi ini akan memudahkan banget untuk transaksi. Blockchain bisa diakses oleh semua pengguna blockchain dan bersifat peer-to-peer, sehingga para pengguna bisa terhindar dari fraud atau peretasan.

Dalam sistem Blockchain tidak terlepas dari coin dan token. Coin merupakan aset kripto yang memiliki Blockchain sendiri. Sementara token merupakan sebuah akses dari aplikasi terdesentralisasi yang dibangun pada sistem blockchain. Dengan kata lain, kamu harus bayar sejumlah biaya tertentu setiap kali melakukan transaksi dengan token. Ada beragam jenis token, mulai dari Security Token, Utility Token, Token Aset, Stablecoin hingga Non Fungible Token. 

Kamu bisa lho bikin token kamu sendiri dan caranya mudah. Untuk tahu seperti apa caranya, saksikan video DUARR (Diskusi Unik Ala Rangga dan Rachma)  yang ngebahas soal blockchain. Selamat menonton :)