Jadi Reporter Hingga Bertani, Intip Perjalanan Sukses Orang Terkaya di China Zhong Shanshan

Zhong Shanshan ( Sumber : cnnespanol )

Like

Banyak jalan menuju roma, seperti halnya banyak cara untuk mencapai kesuksesan. Beragam cara yang dilakukan para miliarder dunia hingga meraih “title” tersebut. Mulai dari membangun bisnis, bermain saham hingga dari warisan.

Bisnis yang dijalankan hingga mampu membuat mereka menjadi kaya juga beragam bidangnya. Ada yang kaya dari membangun perusahaan teknologi, membangun retail makanan dan minuman, memproduksi alat kesehatan, dan lainnya.

Zhong Shanshan Sukses dengan Bisnis Air Kemasan

Salah satu miliarder yang sukses dari bisnisnya adalah Zhong Shanshan. Melalui perusahaan air galon dan kemasan, Nongfu Spring, kini Shanshan menjadi orang terkaya di China tahun 2021 dengan kekayaan bersih sebesar US $67.2 miliar.

Sukses merajai pasar air kemasan di negeri tirai bambu, Nongfu Spring mencatat pendapatan sebesar US $3.51 miliar pada tahun 2019 lalu. Meski pada januari hingga mei 2020 pendapatan menurun menjadi US $1.27 akibat pandemi covid-19, dikutip dari CNBC.

Kesuksesan IPO Nongfu Spring di bursa Hong Kong pada September 2020 lalu membuat Shanshan menjadi orang terkaya ketiga di China dalam semalam. Total dana yang terkumpul dari IPO sebesar US $1,1 miliar.

Dengan total 84 persen saham yang dimiliki Shanshan, tak heran bila kekayaan bersihnya melejit dari US $16 miliar menjadi lebih dari US $ 50 miliar. Meski Nongfu Spring menjadi sumber kekayaan utamanya, Shanshan masih memiliki “sumber” lain.


Perusahaan farmasi Beijing Wantai juga menjadi sumber kekayaan Shanshan. Bergerak dibidang farmasi dan sedang berfokus untuk memproduksi vaksin covid-19, Beijing Wantai melantai di bursa pada April 2020 lalu.

Pendapatan Beijing Wantai pada tahun 2020 sebesar US $357.68 juta. Shanshan sendiri memiliki 75 persen saham dari Beijing Wantai. Terbayang bukan besarnya pendapatan Shanshan dari Nongfu Spring serta Beijing Wantai?

Dengan suksesnya bisnis yang dijalankan Shanshan, tak heran bila ia kini melompat dari posisi ketiga menjadi posisi pertama orang terkaya di China menggeser tahta pendiri e-commerce raksasa Alibaba, Jack Ma.

Baca Juga: Jadi Konglomerat Paling Tajir di China, Seperti Apa Sosok Zhong Shanshan?
 

Fakta Menarik Zhong Shanshan 

1 Deretan pekerjaan Shanshan sebelum menjadi pebisnis sukses

Sebelum sukses di dunia bisnis, Shanshan memiliki masa muda yang sulit. Pria kelahiran tahun 1954 itu sempat putus sekolah saat berada di bangku sekolah dasar. Dikutip dari SupChina, hal tersebut akibat revolusi kebudayaan yang terjadi di China pada saat itu.

Kedua orangtua Shanshan yang intelek juga dianiaya oleh pemerintah. Dari hidupnya yang sulit pada Era Revolusi itu mendorong dirinya untuk menjadi sosok yang kuat. Ia bahkan melakoni berbagai pekerjaan untuk bertahan hidup.

Pasca berhenti sekolah, Shanshan bekerja sebagai tukang batu dan kayu selama 10 tahun. Hingga kembali melanjutkan pendidikan di Universitas Radio dan TV Zhejiang pada 1977 dan menjadi reporter di Zhejiang Daily pada 1983.

Setelah 5 tahun bekerja, ia mulai tertarik pada dunia bisnis.  Ia membuat surat kabar sendiri bernama Pacific Post -yang mengalami kegagalan- hingga bertani jamur serta menjadi penjual tirai dan pil disfungsi ereksi.

Hingga akhirnya Shanshan menaruh perhatian pada bisnis kesehatan dengan mendirikan perusahaan Farmasi Yangshengtang Co. (YST) yang kini menjadi induk bagi Nongfu Spring dan Beijing Wantai.
 

2.Pebisnis yang sederhana

Sehingga, tak heran bila setelah menjadi miliarder, Zhong tetap hidup sederhana. Ia diketahui enggan menghamburkan kekayaannya pada real estate serta tinggal di sebuah apartemen daerah Hangzhou yang berbatasan dengan danau barat kota.
 

3. Dijuluki "Lone Wolf" (Serigala Penyendiri)

Julukan ini diberikan pada Shanshan karena sifatnya yang penyendiri. Ia tidak terlibat dalam politik serta tak tergabung dalam grup pebisnis. Selain itu, ia jarang tampil di publik atau berbicara ke media. 

Itu lah kisah sukses orang terkaya di China, Zhong Shanshan. Ternyata, jalan yang ditempuh Shanshan untuk menuju sukses cukup pelik ya melihat pada berbagai pekerjaan yang pernah dilakukannya.

Semoga kisah Shanshan dapat menginsiprasi ya!