Jadi Konglomerat Paling Tajir di China, Seperti Apa Sosok Zhong Shanshan?

Zhong Shanshan - Canva

Zhong Shanshan - Canva

Coba deh, selain Jack Ma, siapa lagi konglomerat asal negeri Tiongkok yang pernah kamu tahu?

Dari sekian banyak konglomerat asal negeri Tiongkok, nama Zhong Shanshan adalah salah satu miliarder yang lumayan jarang dapat sorotan media nih, Be-emers.

Padahal, kekayaan Zhong berhasil melampaui miliarder top kayak Mukesh Ambani dan Jack Ma lho!

Diketahui dari laman Bisnis, kekayaan bersih Zhong telah melonjak US$70,9 miliar tahun ini, menjadi US$77,8 miliar. Dengan begitu, Zhong menjadi orang terkaya ke-11 di dunia, berdasarkan Bloomberg Billionaires Index.

Baca Juga: Keluar dari Kerajaan Inggris, Meghan Markle Beralih Investasi ke Startup Healthy Lifestyle
 

Tanpa Politik, Tanpa Hubungan dengan Taipan Lain

Menariknya nih, pria 66 tahun itu enggak terlibat sama sekali dalam politik. Selain itu, kepentingan bisnisnya enggak terkait sama keluarga taipan lainnya.

Makanya, Zhong Shanshan pun dapat julukan sebagai “Lone Wolf” nih, Be-emers. Bahkan, kesuksesannya juga datang dari dua bidang yang enggak terkait.
 

Cuan dari Produksi Vaksin dan Air Kemasan

Pada April 2020, Zhong diketahui melakukan IPO pada dua perusahaannya yakni produsen vaksin, Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co., serta Nongfu Spring Co., yang merupakan produsen air kemasan.

Nongfu dan Wantai juga menjadi salah satu listing terpanas di Hong Kong lho! Tercatat, saham Nongfu melonjak 155 persen sejak debutnya, sedangkan saham Wantai naik lebih dari 2.000 persen!

Adapun, Wantai merupakan salah satu perusahaan farmasi China yang mengembangkan vaksin Covid-19. Sementara Nongfu, sahamnya telah mencapai puncaknya selama sepekan lalu.

Baca Juga: Bukan Sekedar Stafsus Milenial & Anak Konglomerat, Putri Tanjung Sudah Mampu Merintis Usaha Sendiri Lho!