4 Tipe Small-Business Owner, Kamu yang Mana?

Small Business Owner Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pemilik small-business atau usaha kecil umumnya termasuk dalam salah satu dari empat tipe sikap, yang masing-masing memiliki pola pikir dan perilaku yang unik, menurut Infusionsoft.

Para peneliti menemukan bahwa pemilik usaha kecil terbagi dalam empat kelompok karakter yang berbeda, yaitu Freedom Seekers, Passionate Creators, Struggling Survivors, dan Legacy Builders. Apa sih maksudnya? Yuk simak lebih lanjut!
 

Freedom Seekers


Freedom Seekers adalah orang-orang yang memulai bisnisnya untuk mengendalikan nasib mereka sendiri, khususnya mengenai keputusan, lingkungan kerja, jadwal, dan pendapatan.

Para pemilik small-business yang masuk ke dalam tipe ini biasanya memiliki tujuan utama untuk mengurangi waktu kerja mereka. Sejalan dengan tujuan tersebut, mereka juga merasa bahwa waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam bisnis juga menjadi tantangan terbesar.

Selain itu, para Freedom Seekers ini sangat menganggap diri mereka adalah entrepreneurs (wirausaha) dan mereka sama sekali tidak ingin bekerja untuk orang lain di masa depan.
 

Passionate Creators



Para Passionate Creators memulai bisnis mereka karena mereka sangat peduli dengan apa yang mereka lakukan. Ketika ditanya tentang tujuan mereka, mereka menjawab bahwa mereka melakukan pekerjaan yang mereka sukai dan minati.

Mereka sebagai orang yang sangat menekuni bidang yang mereka sukai tersebut selalu tahu bahwa mereka akan memiliki dan menjalankan bisnis mereka sendiri. Passionate Creators juga melihat diri mereka sebagai pengusaha yang “pasti” dan konsisten, serta mereka akan dengan senang hati membantu pebisnis lain untuk menjadi sukses juga.
 

Legacy Builders


Dibandingkan tipe lainnya, Legacy Builders cenderung memulai bisnis dengan anggota keluarga mereka sendiri. Mereka melihat bisnis kecil sebagai pilihan ekonomi praktis dan mereka juga merasa bahwa kebanyakan orang akan memulai bisnis mereka sendiri jika mereka bisa.

Biasanya, para Legacy Builders ini hanya fokus menjalankan satu jenis bisnis saja, dan mengembangkannya hingga bisa diwariskan kepada generasi penerus keluarga mereka. Rata-rata, para Legacy Builders ini memiliki tingkat pendidikan yang relatif tinggi, seperti sarjana hingga pasca sarjana.
 

Struggling Survivors


Sebagai pemilik usaha kecil yang masuk ke dalam tipe Struggling Survivors, mereka biasanya  memiliki nilai emosional tertentu dalam memiliki bisnis kecil. Mereka berpikir bahwa untuk memulai bisnis, mereka harus menjadi sedikit “gila” untuk bisa mendirikan usaha yang diinginkan. Bahkan, banyak dari para Struggling
Survivors ini merasa bahwa pekerjaan korporat lebih aman daripada harus memulai bisnis sendiri.

Biasanya, Struggling Survivors memiliki ukuran bisnis yang cenderung lebih kecil dibanding tipe lainnya, dan hanya memiliki satu karyawan dalam bisnis mereka, yaitu dirinya sendiri. Banyak dari mereka yang akhirnya menutup usahanya karena tidak adanya dukungan ataupun usaha yang dibangun tidak memberikan keuntungan atau bahkan rugi.

Nah, buat kamu para entrepreneurs muda yang sedang atau mau merintis bisnis, kira-kira kamu masuk ke tipe yang mana nih?

Yang penting, harus semangat dan tekun untuk mencapai tujuanmu ya, Be-emers!

Baca Juga: Aplikasi yang Memudahkan Owner Small Business Kelola Instagram