Tips Cara Kasih Self Reward Biar Nggak Menguras Dompet!

Sweets Bowls Gummy Bear Candy (Sumber gambar: Image by silviarita from Pixabay)

Like

Bagi kalian para Be-emers yang mungkin baru mau mulai perkuliahan atau pekerjaan juga tentunya ingin kasih self reward karena sudah menjalani semester sebelumnya dengan maksimal. Setelah menguras pikiran dan tenaga demi wujudkan semua goals kamu, It's time to give a reward to yourself!

Menurut salah seorang psychologist Abraham Maslow, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah reward dari apa yang sudah  dikerjakan. Reward bukan sebatas dari pekerjaan saja tapi juga bisa berupa apresiasi untuk diri sendiri. Giving a reward to yourself bukan berarti kamu harus berfoya-foya, tapi tolak ukurnya dilihat dari proses atau ups and downs yang sudah kamu lewati.

Tren yang begitu nge-hits di kalangan milenial dan gen Z ialah memanjakan diri dengan pergi ke restoran, belanja aksesoris ataupun fashion hingga beli gadget baru. "Karena aku hobi bermain game, pastinya self reward aku belikan game, setiap ada PS rilisan terbaru pasti aku beli", Jason, Evangelist. Apapun barang yang lagi up to date umumnya bisa jadi kepuasan tersendiri.

Spending waktu dengan hang out di café bersama teman dan beli food & beverage favorit juga bisa dijadikan self reward bagi sebagian orang. “Kalo aku sih makan enak udah bisa jadi self reward. Kadang kalo banyak kerjaan ya salah satu cara paling gampang beli makanan favorit aku”, menurut Candra, Programmer.

Nah, aktivitas lain yang nggak kalah untuk dijadikan self reward sekarang ini adalah traveling. "Traveling bisa membahagiakan hati, apalagi ke destinasi-destunasi yang baru aku datengin. Minimal sebulan sekali traveling ke luar kota, itu salah satu self reward aku", menurut Tika, Project Manager.


Nah lalu, gimana sih caranya kasih self reward tapi tabungan tetap teratur?
 

Manfaatkan Promo Buat Belanja

Kamu nggak perlu menahan diri buat beli barang yang kamu idamkan, tipsnya kamu bisa belanja apapun yang kamu butuhkan selama itu promo, misalnya pas lagi flash sale, diskon hingga cashback, keuntungannya kamu bisa dapat dengan pengeluaran hemat hingga 50%. Barang impian kamu dapat, pengeluaranmu pun tetap teratur.
 

Berlangganan di Platform Digital

Jikalau self reward kamu berupa hal-hal sederhana seperti jajanan food & beverage, dengerin musik dan nonton kamu bisa dapetin kesenangan kamu dengan berlangganan membership. Karena jika kamu sudah subscription, kamu bisa dapat lebih banyak keuntungan. Contohnya, kamu bisa subscription Zomato Gold untuk dapat nikmatin makanan enak tapi dengan harga special, subscription Spotify untuk dengerin lagu atau buat kamu yang hobi nonton bisa subscription channel Netflix biar bisa nonton sepuasnya.
 

Pisahin Budget Self Reward dengan Tabungan

Nah, buat kamu yang hobi travelling, kamu bisa pisahkan antara biaya travelling  dengan tabungan kamu. Karena dengan ini kamu dapat menabung sembari kasih self reward.