Tips Cara Memilih Manager Investasi Terbaik

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Like

Siapa Sih Manajer Investasi Itu?

Manajer Investasi atau MI merupakan pihak baik perusahaan ataupun perorangan yang diberikan izin atau kewenangan untuk mengelola dana investasi suatu kelompok masyarakat guna untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi yang dinamakan reksa dana.

MI inilah yang akan memilih deposito, obligasi ataupun saham yang bagus untuk dibeli. Dengan kata lain, seorang investor telah mempercayakan MI secara penuh berkaitan dengan semua keputusan investasi. Oleh karena itu, return dari reksa dana sangat dipengaruhi oleh kepiawaian MI dalam memilih dan mengelola portofolio investasi.

Sudah jelas bahwasanya MI mempunyai peranan yang sangat penting, namun nyatanya tidak sedikit investor dari reksa dana yang tidak melakukan evaluasi atas kinerja suatu MI. Karena kebanyakan investor hanya fokus dengan nilai return yang mereka dapat saja. Lalu berapa sih nilai return yang didapat? Biasanya semakin besar return dari sebuah produk reksa dana, maka akan semakin baik kinerja MI-nya dan produk reksa dananya akan lebih sering dipilih sebagai aset investasi dari seorang investor.

Namun, sebagai investor yang cerdas, jangan langsung tergiur dengan return yang besar, fokus dasarnya ialah melakukan pengecekan lebih mendalam seperti dimana MI tersebut menempatkan dana kita, misalkan ditempatkan di saham yang masuk kategori saham gorengan dan dapatkan return yang sudah puluhan atau bahkan ratusan persen, mungkin kamu harus sedikit hati-hati bisa jadi kamu masuk diharga pucuk nantinya dan juga tidak kalah penting izin usaha dari OJK. Tidak sedikit masyarakat kita yang terjebak dalam investasi bodong karena tergiur dengan return yang besar.
 

Lalu, Bagaimana Sih Memilih Manajer Investasi yang Baik?


Izin Usaha

Sebelum menempatkan dana kamu ke suatu produk reksa dana dari MI, pastikan dengan betul apakah MI tersebut sudah dapat izin dari OJK atau belum. Kamu bisa melihatnya di website OJK secara independen. Pastikan juga terlebih dahulu MI yang akan mengelola reksa dana kamu, apakah MI itu tidak pernah atau sedang memperoleh sanksi yang berasal dari regulator pasar modal.
 

Pengalaman dalam Mengelola Dana

Pilihlah MI yang memiliki pengalaman cukup dalam mengelola dana investor. Dengan adanya prospektus, kamu dapat melihatnya di sub-bagian MI. Di situ tertulis secara lengkap mengenai berapa lama seorang MI telah beroperasi, siapa pemiliknya, bagaimana pengalaman dalam mengelola reksa dana, hingga keahlian dan juga pengalaman tiap anggota MI dalam sebuah tim pengelola investasi.

 

Kinerja

Setelah mengetahui MI nya dan lulus dibeberapa hal di atas barulah kamu bisa melihat kinerja MI dalam mengelola produknya.