Bitcoin Berhasil Tembus US$50.000, Begini Kata Analis

Bitcoin Tembus 50 ribu Dolar  Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Bitcoin Tembus 50 ribu Dolar Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Bitcoin baru saja membuat para trader senyum-senyum nih. Pasalnya, setelah meroket, BTC alias Bitcoin berhasil tembus ke level harga US$50.000!

Pada perdagangan Senin (23/8), Bitcoin tembus ke level US$50.000. Dengan kembalinya di level harga US$50.000, hal ini jadi titik balik bangkitnya Bitcoin setelah keterpurukannya sejak Mei 2021 lalu.

Sejak sebulan terakhir, Market Watch mencatat Bitcoin telah melonjak hingga lebih dari 48 persen. Enggak cuma itu, Bitcoin telah melonjak lebih dari 13 persen sejak lima hari terakhir

Baca Juga: Mengenal Dollar-Cost Averaging (DCA) yang Dinilai Menguntungkan Bitcoin
 

Waspada Level US$51.000

Memang sih, Bitcoin belum kembali ke level rekornya, yakni sebesar US$65.000 pada April 2021 lalu. Bangkitnya Bitcoin ke level US$50.000 dinilai jadi sentimen yang cukup optimis bagi para trader.

Nah, tembusnya Bitcoin ke level US$50.000 dinilai sebagai “penembusan kecil”. Hal itu pun mencerminkan momentum jangka pendek yang positif dan momentum jangka menengah yang lebih baik.


Namun, situasi bakal berbeda jika Bitcoin menyentuh level US$51.000. Dikutip dari laman Market Watch, analis sekaligus Technical Strategist Fairlead Strategies Katie Stockton mengatakan level US$51.000 justru telah dipatok oleh para analis sebagai rintangan besar berikutnya bagi Bitcoin nih.

Pasalnya, Katie mengatakan bahwa Bitcoin telah melewati tiga tingkat resistensi dalam tiga minggu terakhir, di antaranya:
  • Rata-rata pergerakan 50 hari
  • Metrik terpisah yang dikenal sebagai model cloud
  • Rata-rata pergerakan 200 hari

Sementara itu, seperti yang diketahui, Bitcoin tengah menghadapi sejumlah tekanan seperti isu penambangan yang tidak ramah lingkungan. Bahkan, tekanan dari regulator China yang membatasi pergerakan penambangan Bitcoin.

Di satu sisi, Bitcoin masih menjadi aset kripto nomor satu dengan kapitalisasi pasar terbesar lho! Tercatat dari Coinmarketcap, hingga perdagangan Senin (23/8), kapitalisasi pasar Bitcoin telah mencapai US$931,25 miliar.

Gimana, kamu salah satu yang cuan dari naiknya harga Bitcoin ke level US$50.000 enggak nih?