Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

Ilustrasi Gambar dengan mencari partner bisnis yang sejalan visi misi - bisnis muda - image. canva.com

Like

Dalam melakukan bisnis, tentunya kita perlu yang namanya support dari orang terdekat dan partner yang tepat. Sebab, membangun sebuah bisnis yang dimulai dari nol itu menjadikan sesuatu yang krusial dan penuh tantangan.

Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya. Sebab, dengan kita memulai berbisnis dengan orang terdekat, hal itu akan memudahkan dalam mengembangkan bisnis bersama.

Memilih partner bisnis pun sangatlah penting, agar bisa saling membantu kelangsungan usaha. Namun, nyatanya memilih partner bisnis tidaklah mudah.

Sebab, banyak aspek dan perbedaan satu sama lain, sedangkan partner dan diri kita sendiri harus bisa saling menutupi kekurangan serta menjaga komitmen yang dibuat sejak awal memulai bisnis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips dalam memilih partner bisnis.

Baca Juga: Memahami Kelebihan Serta Kekurangan Bisnis Bersama Teman!
 

Tips memilih partner bisnis yang tepat

  • Mempunyai Visi Misi yang Sama
Ini adalah tips pertama yang harus dicari dalam memilih partner bisnis. Melansir dari topkarir.com, dengan visi-misi yang sejalan, maka kamu bisa memulai bisnis dengan orang yang bisa saling men-support satu sama lain serta punya pondasi yang kuat dalam proses menuju kesuksesan bersama.
  • Bisa Saling Melengkapi
Dalam memilih partner bisnis, bisa saling melengkapi merupakan hal yang perlu diwujudkan karena akan membuat kita merasa nyaman. Satu sama lain harus bisa saling mengisi kekurangannya, seperti partner satu tidak bisa mengatur keuangan dan yang satunya bisa mengatur serta mengelolanya.
  • Jujur dan Bertanggung Jawab
Partner yang dicari ialah seseorang yang jujur dan bertanggung jawab. Sebab, dengan adanya kejujuran dan bertanggung jawab dalam hal bisnis, hal itu bisa mengurangi konflik yang ada -meski sekalipun dapat dihindarinya.


Melansir dari lalamove.com, carilah partner bisnis yang dipercaya dan terbuka dan bisa memberikan maupun menerima masukan atau kritikan yang jujur. Serta, mampu bertanggung jawab atas jobdesk yang sudah diberikan.
  • Memiliki Relasi yang Luas
Memilih partner bisnis yang punya networking luas akan menguntungkan dalam menjalankan bisnis tersebut. Sebab, akan lebih mudah untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang dapat membantu keberlangsungan bisnis yang dijalankannya.

Dikutip dari topkarir.com, dalam memiliki relasi yang luas, kamu bisa menawarkan produk dan mendapatkan investor untuk menanamkan modal dalam keberlangsungan bisnis tersebut.
  • Mencari yang Cocok Secara Karakter
Memulai berbisnis bersama partner, hal penting ketika mencari yang cocok adalah dengan melihat karakter dalam usaha dan kecocokan karakter satu sama lainnya.

Dilansir dari lalamove.com, cocok yang dimaskud ialah karakter yang dimiliki oleh partner bisnismu sama dengan karakter yang dimiliki oleh kamu sendiri. Hal ini untuk menghindari adanya hambatan dalam kerjasama.
  • Komitmen
Memulai bisnis dari awal dibutuhkan komitmen agar bisnis yang dijalankan ini dapat berkembang. Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu partner bisnis yang kamu percaya ini bisa berkomitmen untuk sama-sama membangun bisnis hingga bisnis yang dijalankan bersama. Kalau tidak, kamu akan berhenti di tengah jalan.

Nah, ini tips dalam memilih partner bisnis yah Be-emers. Kalo Be-emers ada masukan atau saran bisa komen dibawah yah!