Memahami Kelebihan Serta Kekurangan Bisnis Bersama Teman!

Business With Friend Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Business With Friend Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

 Mendengar kata bisnis, pasti langsung merujuk kepada suatu aktivitas yang memiliki tujuan tertentu yang ditempuh lewat usaha berniaga atau segala transaksi -baik berupa barang ataupun jasa.

Selaras dengan hal tersebut, tanpa disadari, kini banyak generasi muda yang sudah mulai memiliki jiwa entrepreneur serta ketertarikan akan berbisnis. Bahkan, untuk beberapa kalangan, generasi muda kini memiliki mindset bahwa berbisnis bisa menjadi sebuah profesi yang terbilang sepadan untuk menjadi main income.

Terutama di tengah kemudahan teknologi yang serba digital seperti saat ini, mengakses atau mencari refrensi seputar bisnis sangatlah mudah.

Dengan begitu, tak heran kini di sektor ekonomi kreatif mulai menjamur generasi muda yang sudah berani berbisnis dikarenakan kemudahan refrensi dan literatur seputar bisnis. Bahkan, tak sedikit generasi muda yang mulai merintis bisnis dengan lingkup terdekatnya yaitu teman atau rekan.

Memang bukan suatu hal yang keliru dan tidak ada salahnya memulai berbisnis bersama teman. Sebab, kembali lagi kepada roots bahwa setiap hal pasti akan mendatangkan sisi positif dan sisi negatifnya masing-masing.


Oleh karena itu, sebelum Be-emers memulai bisnis bersama teman, alangkah lebih baik pahami dahulu kelebihan serta kekurangan berbisnis bersama teman berikut ini!

Baca JugaSelamatkan Keuangan Kamu, Ini Cara Menghindar dari Teman yang Toxic 
 

Kelebihan Berbisnis Bersama Teman

Minim Trust Issue

Berbicara perihal kepercayaan, memang itu merupakan hal yang penting untuk beberapa aspek kehidupan. Khususnya dalam berbisnis, rasa kepercayaan dengan rekan bisnis haruslah dijunjung.

Dengan berbisnis bersama teman, otomatis akan minim rasa trust issue atau masalah kepercayaan karena kita sudah tidak perlu repot mengenal dan menerka lagi perihal sifat dan karakter dari rekan bisnis tersebut.

Berbeda halnya dengan rekan bisnis diluar lingkup teman, pasti diawal merintis bisnis tersebut secara sadar ataupun tidak sadar kita memerlukan effort lebih untuk dapat mengenal serta menerka sifat dan karakternya.
 

Lebih Kooperatif Terutama Perihal Pendanaan Awal

Berbisnis bersama teman rasanya akan jauh lebih kooperatif terutama perihal modal karena bisnis tersebut dapat terjadi karena rasa konsensual yang otomatis modal tersebut ditempuh secara kolektif.
 

Keselarasan Chemistry

Dengan berbisnis bersama teman yang jauh lebih dikenal sebelum memulai bisnis ini otomatis chemistry sudah terjalin lebih dahulu.

Lewat chemistry ini juga nantinya ketika bisnis sudah mulai berjalan akan lebih mudah perihal membagi tugas dengan melihat potensi serta kekurangan yang dimiliki oleh satu sama lain.

Baca JugaMending Punya Bisnis Patungan atau Sendiri? Ini yang Perlu Kamu Perhatikan
 

Kekurangan Berbisnis Bersama Teman

Kekeliruan Terhadap Boundaries

Boundaries atau batasan sangatlah dibutuhkan dalam urusan berbisnis. Untuk mengetahui batasan-batasan antara pertemanan dengan profesional memanglah hal yang rumit.

Sebagai contoh ialah untuk membedakan kapan waktu untuk bercanda dan kapan waktunya ketika sedang serius dan krusial.
 

Rawan Dengan Sifat Bossy

Melansir dari Sehatq, sifat bossy sendiri diartikan sebagai suatu aktivitas yang seringkali memerintah, mengatur ataupun mengontrol segala sesuatu dengan tendensi memuaskan ego sepihak.

Oleh karena itu, hal ini juga berhubungan dengan kekeliruan boundaries. Sebagai contoh, seringkali rekan bisnis yang mana itu teman yang memiliki umur yang sama namun untuk beberapa waktu dan kesempatan terlalu mendominasi karena tendensi ego semata.
 

Perbedaan Roots, Visi dan Misi

Berteman dengan jangka waktu yang lama bukan berarti menandakan memiliki common ground yang melimpah. Setiap pihak pasti memiliki refrensi serta knowledge yang berbeda.

Lewat indikator tersebut pasti akan berdampak kepada keberlangsungan bisnis terutama untuk dapat sesuai dengan panduan serta tujuan ketika diawal memulai bisnis.