Nyaman dan Stylish ala MKS Shoes

Like

Ditemukannya sepatu bernama Oetzi yang berasal dari zaman batu alias zaman paleolitikum, jadi pertanda kalau sepatu sudah jadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Selain punya fungsi sebagai pelindung kaki kita, sepatu juga bisa jadi ciri khas penampilan kita lho, Be-emers.

Buktinya nih, dari zaman ke zaman, bentuk sepatu terus berubah. Kayak ada sepatu bebat kaki yang bertujuan bikin kaki perempuan Tiongkok abad ke-10 jadi mungil karena pertumbuhan kakinya sengaja dihambat dengan ukuran cuma 8 cm.

Lebih gilanya lagi, di era Renaissance, sepatu hak tinggi alias high heels malah dipakai sama kaum laki-laki yang notabene raja-raja Eropa. Enggak tanggung-tanggung, tinggi hak sepatunya bisa sampai 30 cm, Be-emers! Jadi, makin tinggi hak sepatunya, makin tinggi juga supremasi atau kekuasaan para raja.

Nah, sejak abad ke-20, sepatu makin diperhitungkan lagi nih eksistensi dan fungsinya dalam dunia fashion dan gaya hidup. Pilah-pilih sepatu yang sesuai dengan karakter kita, bikin kita juga bisa terlihat lebih pede dan trendy. Yang enggak kalah penting, Be-emers harus pilih alas kaki yang nyaman buat dipakai.

Terkenal dengan kota yang penuh semangat kreatif, Be-emers bisa juga lirik produk sepatu lokal asal Bandung euy. Salah satunya adalah MKS Shoes.


Bersama kedua rekannya, Fitri Vidyawati mencetuskan ide buat membentuk sebuah produk sepatu bernama MKS Shoes. Bermarkas di Bandung sejak 2010, perempuan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini yakin bisa berkompetisi dengan brand sepatu dari luar negeri.

Berkesempatan mewawancarai Fitri di tahun 2014, dikutip dari Bisnis Weekend, ia mengatakan bahwa usaha ini berawal dari ketertarikannya pada sepatu. “Kesukaan kami bertiga akan sepatu membuat kami membangun usaha ini," ujarnya.

“Comfortness in Style”, begitu slogan yang tertulis di bio akun Instagram @mksshoes . Menggunakan 90?han baku lokal, sepatu yang lebih dikhususkan untuk wanita ini menjunjung kenyamanan dan kualitas desain juga, Be-emers.

"Kami selalu ada percobaan selama 3 bulan. Saya yang mencoba sepatunya. Kalau seminggu tidak nyaman dipakai, kami akan produksi ulang. Kalau sebulan sudah nyaman dipakai, langsung kami produksi," ungkapnya, dikutip dari Bisnis Weekend.

Wah, sudah enggak diragukan lagi dong ya kualitas dan kenyamanannya, Be-emers. Selain nyaman, brand yang kini juga banyak memproduksi sepatu sandal ini juga punya koleksi yang limited edition. Bahkan, MKS Shoes juga pernah bereksplorasi bahan dengan teknik celup ikat.

Sudah satu dekade, pemasaran sepatu yang terbilang trendy dan unik ini sudah sampai ke luar Bandung dan luar negeri lho. Cocok banget sama anak muda, harganya juga lumayan aman kok buat dompet, yaitu berkisar dari Rp300 ribuan sampai Rp400 ribuan tergantung dari jenisnya.

Ketertarikan dan ketekunan Fitri sama kedua sahabatnya buat eksis di dunia produksi sepatu yang sekaligus juga jadi bagian dari industri fashion dan lifestyle, bikin lini usaha ini juga harus selalu berinovasi biar enggak ketinggalan zaman. Buat Be-emers yang tertarik sama sepatu dan pengin bikin usaha juga, enggak ada salahnya buat mencoba.