Google dan Disney Jalin Kerja Sama dalam YouTube TV

Google dan Disney Jalin Kerja Sama dalam YouTube TV Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Baru-baru ini, Disney dan Google menandatangani kesepakatan untuk mendistribusikan channel-channel perusahaan media tersebut di YouTube TV nih, Be-emers.

Pada dasarnya, tujuan Disney melakukan kolaborasi dengan Google adalah untuk mencapai persyaratan yang adil yang konsisten dengan pasar.

Nah, pihak Disney sendiri juga senang bahwa rangkaian acara olahraga dan live news mereka ditambah program hiburan anak-anak, keluarga, dan umum yang kuat sedang dalam proses dipulihkan ke YouTube TV di seluruh negeri, lho!

Setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Disney pada hari sebelumnya, YouTube TV sempat menghentikan penyiaran saluran milik Disney seperti ESPN dan ABC di platformnya. Hal itu juga menurunkan biaya langganan bulanan ke platformnya sebesar $15 atau setara dengan Rp 216.000.

Kini, YouTube TV mengatakan bahwa mereka telah mulai memulihkan akses ke channel-channel tersebtut, termasuk FX, National Geographic, Freeform, serta rekaman Disney yang sebelumnya ada di Perpustakaan. Stasiun ABC lokal juga akan aktif kembali sepanjang hari, Be-emers!


YouTube mengatakan tarif berlangganan bulanan akan kembali ke harga awal, yaitu $64,99 atau setara dengan Rp 935.882. Nah, pelanggan yang kehilangan siaran channel dari Disney akan menerima diskon satu kali $15.

Faktanya, negosiasi antara kedua perusahaan telah berlangsung selama berbulan-bulan lho, Be-emers! Kesepakatan itu berakhir pada hari Jumat (17/21), hari pertama musim bowling sepak bola perguruan tinggi.

Banyak pelanggan dan pengamat ESPN mengeluh di media sosial. Penggemar olahraga juga kehilangan akses ke pertandingan hari Jumat antara Los Angeles Lakers versus Minnesota Timberwolves.

Pekan lalu, Google sempat mengatakan Disney telah menolak kesepakatan yang adil berdasarkan syarat dan ketentuan pasar. Lebih dari selusin saluran milik Disney menghilang dari YouTube TV pada akhir pekan ini, lho.

YouTube mengatakan telah meminta Disney untuk memperlakukan mereka seperti penyedia TV lainnya, yaitu dengan menawarkan tarif yang sama dengan layanan serta ukuran yang sama, di seluruh saluran Disney maupun YouTube TV.

Nah, siapa Be-emers di sini yang telah atau baru mau berlangganan YouTube TV? Kira-kira, oke nggak nih untuk dicoba?