Belajar dari Pengalaman Sendiri atau Orang Lain?

Dokumentasi Pribadi

Like

Siapa tidak ingin sukses? Semua pasti ingin sukses bukan?

Pasalnya, bagaimana kita dapat mewujudkan sukses tersebut? Belajar dari pengalaman tentu merupakan salah satu cara yang baik. Bukankah pemangalan itu adalah guru yang baik?

Nah, bila sukses itu kita hubungkan dengan pengalaman, cobalah perhatikan dua cara ini.

Cara pertama, belajar dari pengalaman diri sendiri atau cara kedua, belajarlah dari pengalaman orang lain. Begitu kata seorang mentorku dulu, dr. Reinhard Silalahi.

Artinya, kalau sudah punya pengalaman sendiri, tidak terlalu sulit untuk belajarnya. Kita bisa belajar dari pengalaman tersebut.


Selanjutnya, apa saja yang bisa kita pelajari dari pengelaman diri kita?

Tentunya, kita bisa belajar dari berbagai keberhasilan yang pernah kita raih, belajar dari cara kita menghadapi setiap tantangan atau cara kita memanfaat peluang yang datang. Dan yang tidak kalah penting, bahwa kita juga bisa belajar dari kegagalan-kegagalan yang pernah kita lakukan.

Dengan begitu, kita bisa megidentifikasi mana strategi yang layak untuk terus kita pertahankan atau yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana seandainya kita tidak bisa belajar dari pengalaman sendiri karena kita belum pernah mengalaminya?

Di sinilah kita bisa memanfaatkan cara yang kedua, yakni belajar dari pengalaman orang lain.

Kalau bicara tentang cara belajar dengan orang lain, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Bisa dengan mengamati, berdiskusi, membaca kisah hidup yang telah dituliskan, hingga bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan hal yang ingin kita pelajari atau dalami tersebut.

Misalnya, ketika ingin menggeluti usaha yang berhubungan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), alangkah baiknya kita bergabung dengan Komunitas UMKM. Bergabung dengan komunitas tersebut, tentu kita bisa banyak belajar dari pengalaman berbagai orang di sana, sebaliknya kita juga turut berbagi cerita pengalaman kita sendiri.

Nah, tentang Komunitas UMKM, Bisnis Indonesia ternyata memiliki juga komunitas yang demikian. Komunitas Bisnis Indonesia yang ada di platform telegram.

Kalau mau bergabung di dalam komunitas tersebut, sebenarnya sangat gampang. Cukup dengan klik link ini, t.me/UMKMBisnisIndonesia dan kita bisa bergabung langsung bergabung dengan group tersebut.

Komunitas UMKM Bisnis Indonesia adalah komunitas eksklusif yang berada di bawah naungan media Bisnis Indonesia Group dan bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk berbagi cerita, tips, dan info menarik soal entrepreneurship (Sumber: Komunitas UMKM Bisnis Indonesia).

Nah, berdasarkan pengalaman yang saya dan istri alami, bahwa dalam menjalankan bisnis penjualan produk herbal, ternyata butuh peran orang lain atau sebuah komunitas. Ada banyak pengalaman yang akan didapatkan di sana dan tentu bisa diterapkan dalam berbisnis.

Pengalaman mereka, layaknya jalan tol memepercepat keberhasilan kami dalam menjalankan usaha yang kami geluti saat itu. Bukan hanya pengalaman mereka yang berharga, tetapi kehadiran komunitas menjadi motivasi dan inspirasi yang selalu menyemangati.

Ibarat perapian di daerah yang dingin, orang merapat dan mendekat untuk mendapatkan rasa hangat. Ketika orang tersebut menjauh, rasa dingin itu akan kembali lagi. Begitu halnya dengan berbisnis, kita perlu mendekatkan diri dengan mereka (komunitas) yang bisa menyemangati kita dan bisa saling memotivasi.

Tanpa menyebutkan secara rinci capaian-capaian kami dalam berbisnis saat itu, satu hal yang kami patut syukuri bahwa komunitas itu adalah faktor kunci bagi kami untuk meraih dan mewujudkan berbagai impian, bahkan yang tidak pernah kami bayangkan sama sekali.

#CeritaUMKM #Bisniscom #BisnisMuda #BisnisIndonesia