6 Daftar Investasi Menjanjikan Selain Properti dan Emas

6 Daftar Investasi Menjanjikan Selain Properti dan Emas Ilustrasi. Image. Canva

Like

Untuk mencapai kebebasan finansial dalam hidup investasi adalah salah satu cara terbaik. Tidak perlu diragukan lagi ya Be-emers banyak milyader di dunia ini bahkan kaya dari jalur investasi. Nah investasi sendiri, memang terdiri dari banyak komponen, baik konvensional ataupun online.

Kalau menurut KBBI definisi investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan, investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan (investment).

Nah kalau selama ini yang kita ketahui komponen iinvestasi itu berupa saham, surat berharga, sukuk, reksadana dan lain-lain. Di zaman yang semakin maju dan canggih muncul komponen-komponen yang ternyata memiliki nilai investasi yang cukup menjanjikan.

Emas dan Properti, dua komponen ini adalah yang paling mudah dan biasa kita temui untuk dijadikan barang investasi. Namun siapa sangka barang-barang ini ternyata saat ini juga memiliki nilai investasi tinggi.

Be-emin coba merangkumkan 6 komponen ini yang tidak disangka saat ini bisa menjadi benda yang cocok untuk dijadikan investasi.


1. Jam Tangan Mewah

Jam tangan bagi sebagian orang mungkin hanya dijadikan sebagai alat penunjuk waktu. Tapi siapa sangka, jam tangan dengan merk brand ternama bisa memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Memang jam tangan mewah yang bisa dijadikan investasi bisa terhitung hanya beberapa brand ternama saja dengan harga jam yang cukup fantastis ya Be-emers. Tidak semua jam tangan tentunya bisa dijadikan barang investasi.

Nilai investasi dari jam ini akan semakin tinggi saat memiliki beberapa kategori dalam penjualannya di dunia seperti jumlah produksi, nilai sejarah atau filosofi dari pembuat jam, hingga material dalam pembuatan jam.
Harga jual jam tangan bisa naik dua hingga tiga kali lipat jika dijual pada waktu yang tepat, itulah alasan kenapa jam tangan mewah bisa dijadikan barang investasi.

2. Tas Mewah

Dikalangan kaum milyuner, sama seperti jam tangan tas juga bisa dijadikan benda investasi. Tas-tas dengan brand mewah yang nilainya mencapai ratusan hingga milyaran ditahun mendatang juga ditaksir bisa menjadi harga jual yang melambung tinggi.

Salah satu faktornya yakni brand, pada brand tertentu tas mewah ini diproduksi dengan hitungan jari sehingga ketersediannya sangat langka.Bagi kolektor yang memiliki pengetahuan tentang tas ini, mengoleksi tas mewah sudah lagi tidak dijadikan sebuah hobi melainkan investasi.

3. Pertanian

Siapa sangka sektor konvensional yang satu ini bisa dijadikan investasi bagi Be-emers di masa depan. Sebab, pertanian sangat dibutuhkan bagi setiap orang hingga berbagai usaha di bidang pangan, baik itu di pasar tradisional, modern, hingga kuliner.

Banyaknya aplikasi untuk perbelanjaannya sayur mayur, bumbu, dan buah membuah permintaan akan hasil pertanian ini semakin meningkat. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kepedulian orang untuk hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

4. Peternakan

Peternakan juga investasi yang sama menguntungkannya seperti pertanian. Mengingat hewan ternak merupakan sumber utama dari berbagai bidang bisnis kuliner, mulai dari kuliner olahan ayam, sapi, bebek dan sebagainya.

Tentunya bisnis kuliner ini dibutuhkan semua orang setiap waktunya. Maka bisa dipastikan, peternakan akan terus diincar para pebisnis kuliner untuk pemasok bahan produksi.

5. Sepatu Sneakers

Bagi anak muda generasi millenials sneakers merupakan lifestyle, beberapa merk dan tipe sneakers yang diproduksi dengan jumlah minim memiliki harga yang fantantis.

Kebutuhan dan minat yang tinggi inilah yang membuat sneakers kini jadi barang investasi yang menjanjikan. Meski bentuk dan nilai barangnya semakin lama semakin menurun tapi untuk harga sneakers masih bersaing.

Investasi berbentuk sneakers ini juga mengikuti tren saat ini selain tas mewah, dari situlah banyak kolektor sneaker yang menyimpan sepatu miliknya sebagai investasi yang bisa dijual kapanpun dengan harga yang tidak berkurang hari harga beli.

6. Benda Seni

Benda seni dan barang koleksi juga bisa menjadi barang investasi untuk masa depan, sebut saja barang antik berupa lukisan dari seniman terkenal. Lukisan dan benda seni di kalangan kolektor bisa memiliki nilai jual yang sangat fantastis. Salah satunya lukisan “Lost on the Grand Bank” karya Winslow Homer yang dibeli Bill Gates pada tahun 1998 dengan harga US$30 juta.

Atau contoh lainnya berupa mainan lego, diproduksi dengan jumlah terbatas, mainan ini memiliki harga yang sangat tinggi. Lego pesawat Star Wars yang berharga US$15.000 dan harganya akan naik terus seiring dengan banyaknya kolektor yang memburunya.

Namun demikian Be-emers, banyaknya instrument investasi dengan modal terjangkau yang bisa dipilih investor juga memerlukan strategi lho agar nilainya tidak turun. Untuk itu, kita juga penting menambah wawasan investasi agar kita semakin mahir menyusun dan mengolah investasi.
 
Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung