6 Fakta Jessica Jung, dari Penyanyi Hingga Jadi Business Woman dan Penulis Novel

Yoyo Cao dan Irene is Good di acara BLANC & ECLARE x Keds yang dihosting oleh Jessica Jung (Sumber gambar: Twitter @BLANC_ECLARE)

Like

Jessica Jung merupakan salah satu mantan mantan anggota SNSD atau Girls’ Generation yang sekarang telah menjadi business woman ternama. Bahkan, nama Jessica Jung masuk ke dalam daftar Asia’s top 30 under 30 di Majalah Forbes pada tahun 2017, sebagai salah satu kreator dan entrepreneur yang sukses berbisnis.

Melalui novel kedua yang dirilis Jessica pada 10 Mei 2022 lalu. Dapat kita ketahui sejak keluar dari SNSD, ia lebih memilih membangun bisnisnya di bidang fashion, yaitu Blanc & Eclare.

Tak hanya itu, ternyata Jessica juga menyimpan segudang fakta menarik terkait diri pribadi dan perjalanan kariernya yang panjang.

Berikut deretan fakta Jessica Jung mulai dari menjadi idola K-pop hingga wanita bisnis:
 

1. Jessica Jung jadi Anggota SNSD waktu Liburan di Korea Selatan

Dibalik semua kontroversi yang ada karena terbitnya novel kedua milik Jessica. Awal mula ia menjadi anggota SNSD ternyata kisahnya sangat unik, lho.

Jessica Jung mencuri perhatian seorang agen SM Entertainment waktu ia dan adiknya, Krystal Jung sedang berlibur dan bermain di sebuah mal di Korea Selatan. Jessica pun bergabung dengan SM Entertainment pada tahun 2000 dan debut bersama delapan member lainnya di SNSD pada Agustus 2007 silam.
 

2. Jessica Jung Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris yang Patut Diacungi Jempol

Salah satu daya tarik Jessica yang disukai para penggemarnya adalah kemampuan berbahasa Inggris yang ia miliki. Jessica pandai sekali berbahasa Inggris secara fasih layaknya orang Amerika Serikat maupun Inggris asli. Wajar saja, karena Jessica lahir di sana.


Jessica pun kerap tampil menjawab pertanyaan wartawan berbahasa Inggris mewakili kawan-kawannya di SNSD. Ia juga sering bertukar percakapan dengan Tiffany yang sama-sama besar di Amerika Serikat.
 

3. Jessica Jung adalah Kakak Kandung Krystal f(x)

Karena Jessica bertemu sang agen SM Entertainment saat bersama adik kandungnya, yakni Krystal Jung. Adiknya pun juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan SM Entertainment dan akhirnya debut di dunia K-pop bersama girlgroup f(x). 
 

4. Jessica Jung Keluar SNSD dan Terjun ke Dunia Bisnis Fashion

Melansir dari Thestar, sosok Jessica Jung atau Jung Soo-Youn memang lebih dikenal banyak orang sebagai anggota grup K-pop Girl's Generation yang dibentuk pada tahun 2007. Namun, kemampuannya sebagai desainer brand-nya sendiri juga patut diacungi jempol lho, Be-emers!

Bisnis fashion Jessica ini didirikan pada Agustus 2014, sebulan sebelum ia akhirnya dipaksa keluar dari SNSD. Brand milik Jessica sendiri, awalnya hanya bernama Blanc saja yang berarti bersih dan segar. Namun, ditambahkan istilah Eclare, yang berasal dari kata Latin clara yang mewakili makna dari kejelasan dan kecerahan.

Jessica Jung pun mengungkapkan bahwa bisnisnya bermula dari penjualan kacamata hitam. Sejak saat itu, Jessica telah meluncurkan berbagai item fesyen dan tetap terus menambah koleksinya.

Hanya memakan waktu dua bulan setelah dirintis, merek Blanc & Eclare mulai bekerja sama dengan badan amal Help For Children, sebuah organisasi yang bertujuan untuk menghindari dan mengobati pelecehan anak.
Perusahaan fashion milik Jessica itu juga pernah mengadakan kompetisi desain, di mana para pesertanya merancang kacamata hitam mereka sendiri. Desain yang menang dalam kompetisi itu pun ditambahkan ke koleksi Blanc & Eclare, dan keuntungan penjualan produk tersebut disumbangkan untuk amal.

Mantan member Girls’ Generation ini pun telah berhasil membawa brand-nya, Blanc & Eclare dikenal dunia. Dilansir dari situs Kpophit, Blanc & Eclare pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat dan kini telah memiliki cabang yang tersebar di lebih dari 60 tempat di seluruh dunia. Di antaranya termasuk di New York, Vancouver, Seoul, Hong Kong, Beijing, Taiwan, Shanghai, Tokyo, dan Bangkok.

Blanc & Eclare milik Jessica merupakan brand fashion mewah yang menawarkan pakaian kasual siap pakai, aksesori, serta produk perawatan kulit. Jessica mengatakan, seiring meningkatnya kemampuan serta kreatifitasnya dalam industri fashion, gaya dan merek Blanc & Eclare pun juga akan terus berkembang. Dirinya tak segan untuk mempelajari hal-hal baru dan mencari inspirasi demi menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Dispatch turut melaporkan, bahwa penyanyi Jessica Jung telah mencetak rekor 20 miliar KRW atau setara 18 juta USD dalam penjualan tahunan Blanc & Eclare pada Desember 2020 lalu. Sebagai sebuah pencapaian yang luar biasa, di awal Januari 2021, Jessica pun membuka flagship store Blanc & Eclare di Seoul.
 

5. Jessica Jung Membuka Bisnis Baru Bidang Kuliner

Bertepatan dengan pembukaan cabang barunya di Seoul, Jessica juga memulai bisnis baru lainnya dibidang kuliner, yakni membuka restoran bernama CLAREAU.

Berlokasi di Cheongdam-dong, Gangnam-gu, yang dikenal juga sebagai area perbelanjaan sosial kelas atas. Bisnis baru yang dirintasnnya ini menunjukkan kalau Jessica sekali lagi menantang dirinya sendiri.
 

6. Jessica Jung Menulis Novel Tentang Perjalanan Hidupnya

Tak ada yang menyangka jika Jessica juga piawai dalam menulis cerita. Ia pun telah menerbitkan novel fiksi pertamanya berjudul Shine pada 2020 dan melanjutkan sekuelnya dengan judul Bright yang dirilis pada 10 Mei 2022.

Kedua novel tersebut menceritakan kisah gadis keturunan Amerika-Korea yang bernama Rachel Kim dan menjadi trainee di Korea untuk debut sebagai anggota girlband. 

Meskipun merupakan novel fiksi, para penggemarnya menduga, bahwa Rachel menggambarkan kisah perjalanan hidup Jessica Jung sendiri. Terutama bagaimana tokoh Rachel digambarkan 'diusir' dari agensinya yang bernama DB. Banyak yang menilai kisah Rachel ini sangat mirip dengan pengalaman Jessica yang sudah lama hengkang dari SNSD sekaligus SM Entertainment, agensi yang dulu menaungi dirinya.

Wah, menarik sekali ya perjalanan hidup Jessica Jung. Mulai dari menjadi seorang penyanyi hingga menjadi business woman, dan sekarang menjadi penulis novel.

Penulis : Indah Utami
Editor : Yudho Priambodo