Pentingnya Personal Branding untuk Jadi Diri yang Lebih Baik

Ilustrasi orang-orang dengan personal branding-nya masing-masing. (Sumber gambar: Canva)

Like

Banyak orang berpikir jika personal branding cuma buat pengusaha sukses ataupun yang bergabung di dunia bisnis saja. Padahal, hal ini sangat penting untuk siapa saja supaya mereka lebih dikenal dan jadi diri yang lebih baik. 

Mau kalian mahasiswa, pencari kerja, lulusan baru, desainer, penulis, dan sebagainya. Kalian wajib mengetahui bagaimana cara membangun personal branding dengan baik.

Personal branding merupakan bagaimana dan seperti apa kalian ingin dikenal oleh orang-orang di luar sana. Namun, mayoritas orang mendefinisikan personal branding sebagai merk produk ataupun logo. Padahal bukan seperti itu.

Nah, biar makin mengerti seputar personal branding. Yuk, kita bahas sampai habis.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara seseorang dalam memasarkan dirinya, dalam artian melalui karier, serta kesuksesan yang telah mereka raih.  Hal itu lah yang menjadi citra dari personal branding mu untuk dikenal oleh banyak orang.

Namun, untuk menunjukkan citra itu sendiri. Bisa kamu ciptakan lewat bermacam media, seperti media sosial, web, dan sebagainya.


Dengan kata lain, personal branding merupakan gabungan antara keahlian serta pengalaman seseorang, yang dapat menjadi pembeda antara dirinya dengan orang lain.
 

Kenapa Personal Branding Penting?

Personal branding bukan cuma buat gaya, lho Be-emers. Tetapi, penting juga untuk menunjang karier kamu. Tidak hanya itu, berikut alasan kenapa personal branding itu penting buat semua orang.

Meningkatkan kredibilitas dan keyakinan orang lain pada dirimu

Orang lain akan lebih mengenalmu dengan mudah, meski mereka belum pernah bertemu langsung denganmu. Hal ini membuat kredibilitas diri di mata orang lain akan meningkat dan mereka dapat lebih percaya kepadamu.

Membangun kepercayaan diri dan memperluas koneksi

Dengan memaksimalkan personal branding, kamu bisa mendapatkan dorongan untuk yakin dengan kemampuanmu sendiri saat mengerjakan sesuatu. Selain itu, personal branding juga dapat mengoptimalkan eksposur dan memperluas koneksimu.

Jika kamu bisa lebih aktif dalam membuat relasi dengan orang-orang disekitar mu, maka tidak mustahil untuk kamu dikenal banyak orang. Bahkan, sampai keluar dari bidang yang kamu geluti.

Nah, udah tahu kan kenapa personal branding itu penting dan juga banyak manfaatnya selain hal-hal di atas tadi. Ini di acara meningkatkan personal branding mu dengan beragam cara pilihan.
 

Cara Meningkatkan Personal Branding

Gunakan media online sebaik mungkin

Sebelumnya, cari tahu terlebih dahulu kemampuanmu secara mendetail. Jika sudah tahu lebih spesifik mengenai apa saja yang kamu bisa. Coba buatlah portofolio dari pengalamanmu dan kemampuanmu itu.

Jika keduanya sudah dilakukan, saatnya ‘menyombongkan dan mamerkan diri’ di media online. Eits, tapi dalam hal positif, ya.

Kamu dapat membagikan pencapaian mu di berbagai media online, seperti website, instagram, linkedln, blog, dan sebagainya. Dengan mengetahui kemampuan dan spesialisasimu, bisa menjadi citra utama untuk kamu dapat lebih dikenal di masyarakat.

Maksimalkan LinkedIn untuk tempat membangun reputasi terbaik

Kamu pasti sudah tahu, LinkedIn yang saat ini populer bagi banyak kalangan. Mulai dari mahasiswa, lulusan baru, pencari kerja, hingga profesional. Dengan kamu menggunakan LinkedIn secara maksimal, kamu bisa mempromosikan diri dan memberikan informasi mengenai kemampuan yang kamu miliki dengan jangkauan yang lebih luas.

Kamu bisa mulai dari melengkapi identitas diri pada akun LinkedIn dengan data yang mendetail dan akurat, seperti dari pengalaman, bidang kemampuan, sampai portofolio terbaru. Supaya kredibilitasmu semakin kuat, kamu juga dapat menuliskannya menggunakan bahasa inggris yang baik.

Gabunglah dengan komunitas

Selain memanfaatkan LinkedIn, cobalah bergabung dengan komunitas online yang membantu meningkatkan keahlian atau menunjang karier mu. Agar lebih maksimal, tak lupa untuk pilih komunitas yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, ya Be-emers.

Setelahnya, kamu bisa ikuti berbagai aktivitas yang diadakan oleh komunitas tersebut. kemudian aktif berpartisipasi saat ada sesi diskusi maupun sharing. Jadi, semakin banyak pula orang yang mengetahui tentang kamu dan membuat personal branding-mu lebih mantap.

Buat Website Branding­-mu Sendiri

Cara terakhir, kamu bisa membuat blog atau website pribadimu sendiri. Blog atau sebuah situs adalah media yang efektif dalam menampilkan kesan orang terhadapmu. Sebab, melalui tampilannya saja sudah dapat membuat kamu terkesan berpenampilan berbeda, karena ciri khas kamu yang terlihat dalam website yang kamu bangun.

Itu tadi serba-serbi singkat mengenai personal branding. Ingatlah, apapun pekerjaanmu, memaksimalkan personal branding tetaplah penting untuk menjadikan dirimu lebih baik lagi dan tentunya akan berdampak positif, seperti menunjang dirimu dalam dunia karier.

Editor : Yudho Priambodo