Yuk mulai bisnis!
Likes
EITSSS TUNGGU DULUUU… sebelum nentuin kalian mau jual produk apa, kalian lebih baik menentukan dulu pasaran produk kalian itu ke siapa sih?! Itu poin penting banget loh dalam memulai bisnis. Yuk, simak langkah-langkah memulai bisnis yang bakal aku jelasin:
Tentuin target market
Manfaat dalam menentukan target market:
- Meningkatkan penjualan produk kalian
- Mengetahui modal yang kalian butuhkan
- Mengetahui persaingan produk kalian
- Memudahkan dalam menyiapkan konten promosi
- Membangun komunikasi dengan pelanggan
- Pertanyaan yang sering ada di benak kita saat akan memulai bisnis online, yuk simak!
Kenapa target market kebanyakan remaja rentangan usia 15-25 tahun?
Jawaban : Soalnya, jualan akan lebih gampang kalau kita nge-jual ke orang-orang di sekitar kita. KENAPA KAKK?! Karena orang-orang akan lebih percaya beli ke temannya sendiri dari pada online shop lain. Bener kan?
Jadi, kalian lebih bagusnya jual barang yang dibutuhin atau diminati di lingkungan sekitar kalian. Eits, tentunya yang kalian sukai juga ya, karena akan lebih gampang dan enjoy kalau kita nge-jual produk yang kita suka juga.
Kenapa enggak yang universal aja kak, yang produk bisa untuk semua usia?
Jawaban : Nah, produk kayak gini sebenarnya bagus banget nih untuk dijadiin bisnis. Masalahnya, orang-orang juga berpikiran seperti ini. Jadinya enggak special dong produk kamu?
Nah, aku bakal jabarin keuntungan dan kelemahan target market yang memiliki rentangan usia dan yang universal.
Target market yang memiliki rentangan usia
- Kita lebih mudah dalam melakukan personal branding, karena target market kita lebih jelas ke siapa dan untuk siapanya
- Kita lebih mudah nganalisis apa aja sih yang dibutuhin oleh target market kita ini?
Kelemahan :
- Kita harus perluas atau ekspansi pelanggan yang dapat kita jangkau kalau ingin bisnis kita sukses
Contoh Produk yang target market-nya ada rentangan usia:
ig : @i.lokoo
Jawaban : Yup, that's right. Tapi peminatnya itu kebanyakan usia remaja, jadi bisa lebih difokusin promosinya ke anak remaja yaa.
Target market universal
- Produk kita diminati dan bisa dipakai oleh kalangan manapun
- Enggak susah cari peminat produk kita
Kelemahan :
- Personal branding produk kita akan sedikit kompleks
- Lebih banyak pesaing
Contoh produk yang bisa universal:
Jualan Jilbab
Jilbab bisa digunakan oleh rentang usia berapapun, jadi market kalian ga terbatasi oleh usia muda atau tua. Nahhhh, masalahnya yang jualan jilbab udah banyak pake banget nih?! Apa aja sih yang harus dilakuin biar produk kita tuh beda dari yang lain?
Yang pertama, kalian bisa bedain dari segi harga loh!! Pembeli cenderung membeli dan condong ke harga yang murah, eitss tapi jangan lupain kualitas yaa.
Kalian harus riset dulu. Kalian waijb riset harga pasaran di daerah kalian untuk produk jilbab yang akan kalian jual berapa sih? Dan yang ga kalah penting, riset pesaing kalian di dunia bisnis online, khususnya yang ada di daerah kalian, agar kalian tau peluang dan ancaman bisnis kalian.
Yang kedua, packaging. Kalian harus membuat packaging sebagus mungkin, biar pemebeli tuh tertarik. Eitss, jangan pungkiri deh kalian tertarik ke yang lucu kann? Apalagi yang lucu+kalian butuhin.
Nah, ini beberapa inspirasi packaging menarik yang udah aku rangkum, mungkin bisa jadi inspirasi buat kalian:
cc : pinterest
cc : pinterest
cc : pinterest
cc: pinterest
Yang ketiga, kalian bisa kasih free greeting card gitu sama thanks card buat produk kalian terlihat lebih mewah.
Yang keempat dan gak kalah penting, free delivery. Soalnya banyak banget nih orang-orang yang mageran dan gamau ribet hehe, jadi kalian bisa ngasih free ongkir sebagai penarik pelanggan kalian.
Nah, sampai sini ada yang mau ditanyain gakk? Feel free to answer your question
Tentukan produk yang sesuai sama target market
Cara ngelakuin risetnya ada banyak nih, beberapa diantaranya yaitu:
- Share ke instastory kalian, question, kira-kira mereka lagi butuhin apa sih? Dan mereka tertarik ingin beli apa?
- Kalian bisa juga nih tes pasar langsung, nanyain ke tetangga kalian, tapi, eits karena lagi masa pandemic, kayaknya lebih efektif yang social media dehh
- Kalian bisa nanya ke teman-teman dekat kalian, kira-kira mreka lagi butuh apa atau sukanya apa?
- Tentukan peluang dan ancaman bisnis
- Riset pasar
- Pasaran kamu main medsosnya dimana aja sih?
- Eksekusi dehh
Nah untuk lebih lanjutnya kalau rame lanjut ke part 2 yaa, terima kasih..
Eh, atau ada yang mau aku bahas lebih dulu ide packaging yang menarik sekaligus tempat belinya di e-commerce kayak Shopee?
Komen di bawah ya!
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.