Selamat Hari Ibu! Ini Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara

Hari Ibu. (ilustrasi: Canva)

Like

Hari Ibu datang lagi! Indonesia merayakan Hari Ibu setiap bulan Desember. Tidak hanya Indonesia, negara lain juga merayakan Hari Ibu, lho! Negara mana saja?

Bulan Desember identik dengan bulannya para Ibu di Indonesia karena setiap tanggal 22 Desember kita memperingati Hari Ibu. 

Be-Emers, sudahkah kamu mengucapkan selamat hari Ibu? Atau ternyata banyak yang sudah menjadi Ibu, nih?

Di Indonesia perayaan hari ibu identik dengan suasana yang hangat dan penuh kasih sayang. Biasanya media sosial akan dipenuhi oleh ucapan selamat hari Ibu dari seorang anak untuk Ibunya.

Momentum ini juga dimanfaatkan oleh brand atau bahkan tokoh publik untuk mempromosikan produk dan branding dirinya atau dengan metode riding the wave.


Hari Ibu tidak hanya ada di Indonesia lho, Be-Emers. Ada negara-negara lain yang juga merayakan hari Ibu. Bedanya, mereka memiliki perayaan tersendiri.

Baca Juga: Hari Ibu, Ini Rekomendasi Kado Spesial untuk Bunda Kamu
 

Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara

 

1. Thailand


Berbeda dengan Indonesia, hari Ibu di Thailand dijadikan sebagai hari libur nasional karena juga sebagai peringatan hari ulang tahun Ratu Thailand, Ratu Sirikit yang wafat pada tahun 2016.

Hari Ibu di Thailand dirayakan setiap tanggal 12 Agustus. Pada momen itu di seluruh negara akan ada perayaan kembang api dan seluruh masyarakatnya menyalakan lilin. Anak-anak akan memberi bunga melati pada Ibunya sebagai simbol sayang. 
 

2. Prancis


Prancis memiliki perayaan hari Ibu yang unik. Hari Ibu di Prancis diperingati setiap minggu terakhir di bulan Mei dan perayaannya dikenal dengan nama La Fête de Mère.

Hari Ibu di Prancis juga dilakukan untuk menghormati istri yang ditinggal suaminya karena gugur saat Perang Dunia I. Pada perayaan hari Ibu masyarakat akan bertamasya serta membuat pernak-pernik bunga untuk Ibu.
 

3. Jepang


Jepang juga memiliki peringatan hari Ibu di negaranya yang diperingati setiap minggu kedua bulan Mei. Pada saat ini masyarakat Jepang akan membelikan hadiah yang disukai para Ibu.

Biasanya juga akan diadakan berbagai perlombaan menggambar untuk Ibu dan anak. Karya pemenang lomba akan dipamerkan ke seluruh negeri. Hari Ibu di Jepang ada untuk memperingati ulang tahun Permaisuri Kojun.
 

4. Inggris


Perayaan hari Ibu di Inggris disebut juga dengan Mothering Sunday dan sesuai namanya peringatan hari Ibu di Inggris dilakukan setiap Minggu tiga pekan sebelum Paskah. Biasanya jatuh diantara pertengahan Maret dan awal April.

Saat hari Ibu di Inggris anak-anak yang merantau akan pulang untuk merayakan hari Ibu di rumah bersama Ibu mereka. Masyarakat juga akan memberikan bunga dan hadiah pada sosok Ibu termasuk Ibu Tiri hingga Ibu Mertua.

Baca Juga: Pelajaran Bisnis dari Ibunya Gian di Animasi Doraemon
 

5. Meksiko


Perayaan hari Ibu di Meksiko dilaksanakan cukup meriah setiap tanggal 10 Mei. Peringatan ini juga dikenal dengan nama Dia Des las Madres. Bahkan ada lagu yang paling populer dinyanyikan saat hari Ibu yaitu Las Mananitas.

Biasanya masyarakat Meksiko juga akan mengundang band khas Meksiko Mariachi ke rumah untuk menyanyikan lagu kesukaan Ibu mereka sambil makan bersama. Meriah sekali, ya!

Yuk, kita ucapin Selamat Hari Ibu untuk Ibu kita dulu, Be-Emers!

Buat Be-Emers yang sudah menjadi Ibu juga Selamat Hari Ibu! Semoga bisa terus menjadi Ibu yang menginspirasi!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.