Pelajaran Bisnis dari Ibunya Gian di Animasi Doraemon

Gian's Mother (Mrs. Gouda) - Pinterest

Gian's Mother (Mrs. Gouda) - Pinterest

Like

Kamu suka nonton animasi atau baca komik Doraemon?

Sejumlah karakter dalam animasi Doraemon seperti Nobita, Shizuka, Suneo, dan Gian, menjadi tokoh utama yang paling sering mendapatkan perhatian. Yah, namanya juga karakter utama.

Di satu sisi, di antara banyak karakter dalam animasi Doraemon, ibunya Gian jarang mendapat banyak perhatian nih. Selama ini, karakter ibunya Gian memang identik banget sama karakter ibu-ibu yang mudah sekali marah-marah sama anaknya.

Terutama sih, kalau Gian ketahuan bandel dan enggak mau menuruti kata ibunya. Sudah jelas, ibunya bakal mencari Gian dan memarahinya.

Lebih dari itu, ibunya Gian yang juga dikenal sebagai Mrs. Gouda ini adalah seorang pelaku bisnis lho, Be-emers. Makanya, ada sejumlah hal yang bisa kita pelajari dari bisnis Ibunya Gian nih.
 

Mencari Peluang dari Sektor UMKM

Lebih tepatnya, dalam animasi Doraemon, dijelaskan Mrs. Gouda adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mendirikan toko kelontong di rumahnya.


Kelihatan sederhana memang. Namun, jalan bisnis yang dipilih ibunya Gian ini sangat tepat lho, Be-emers. Soalnya, pasca menjadi orang tua tunggal dari Gian (Takeshi Gouda) dan Jaiko Gouda, ibunya Gian ini harus mencari peluang cuan yang bisa menghidupi keluarga kecilnya.

Nah, dengan mendirikan toko kelontong di rumah, ibunya Gian bisa lebih efisien mendapatkan cuan sambil tetap bisa mengurusi anak dan kegiatan lain sebagai ibu rumah tangga.

Bayangin, menjadi orang tua tunggal dari dua anak yang masih sekolah, tentunya bukan hal yang mudah lho, Be-emers.

Baca Juga: Ingin UMKM Kamu Berkembang? Begini Tips dari Gubernur BI

Lagipula, toko kelontong milik ibunya Gian ini cukup sukses dan laku banget kok. Salah satu pelanggan setianya adalah ibunya Nobita, yang sering membeli lobak dari toko kelontong milik Mrs. Gouda.

Bisnis toko kelontong yang dijalani ibunya Gian ini mungkin bisa juga jadi pilihan usaha kamu, terutama buat kamu yang bingung mau menjalani bisnis apa dari rumah.
 

Memanfaatkan Anggota Keluarga

Dalam animasi Doraemon, terlihat bahwa Mrs. Gouda sering memberikan tanggung jawab kepada Gian untuk menjaga toko kelontong miliknya. Diketahui dari situs Doraemon Fandom, Ibunya Gian memang meminta Gian untuk bertugas di sektor bahan makanan.

Meskipun, kenyataanya, Gian lebih suka pergi dan bermain dengan teman-temannya atau membaca buku komik, -bahkan menindas teman-temanya. Makanya, enggak heran deh, kalau ibunya Gian sering banget marah-marah karena kelakuan anaknya itu.

Namun di satu sisi, ada kalanya saat Gian menjaga toko seperti yang diperintahkan, Mrs. Gouda akan sangat senang. Bahkan, ia mungkin menghadiahi putranya itu atas usahanya dalam menjaga toko kelontong.

Biar bagaimanapun, perlakuan kasarnya terhadap Gian juga merupakan rasa cintanya terhadap anak laki-laki pertamanya itu. Gian juga pernah sampai berusaha membuat kue beras demi ibunya lho, Be-emers.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing untuk UMKM

Nah, ibunya Gian sebenarnya juga telah memanfaatkan anggota keluarga untuk mendukung kelancaran bisnisnya nih. Namanya juga masih bisnis rumahan, sebenarnya enggak ada salahnya kok untuk meminta bantuan mereka dan menjadi bagian dari bisnis kamu.

Selain itu, memanfaatkan keluarga sebagai bagian dari bisnis kamu juga jadi langkah pertama yang cukup efisien, manakala kamu belum sanggup untuk merekrut pegawai nih, Be-emers.

Yang penting, kamu juga harus memberikan apresiasi ke anggota keluarga kamu ya. Kamu bisa membagi keuntungan atau bahkan bonus dari hasil jualan kamu ke anggota keluarga yang turut membantu lho!

Gimana, kira-kira ada lagi enggak pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari animasi Doraemon, Be-emers? Tulis di kolom komentar yaaa..