Musim Liburan, Ini Tips Solo Traveling untuk Ciwi-Ciwi!

Solo Traveling. (ilustrasi: Canva)

Like

Sekarang ini solo traveling sudah lumrah banget dilakukan sama semua orang enggak terbatas gender. Untuk cewek-cewek tentunya perlu proteksi ekstra, simak tips solo traveling untuk cewek ini!

Be-Emers ada yang hobinya traveling? Memang seru banget ya kalau bisa mengunjungi tempat-tempat baru dengan tujuan jalan-jalan.

Lebih seru lagi kalau enggak terikat jadwal yang saklek atau bergantung sama orang lain. Maka dari itu banyak yang memilih untuk solo traveling.

Solo traveling adalah aktivitas berlibur atau bepergian ke suatu tempat sendirian tanpa orang yang dikenal dari awal. 

Sekarang banyak juga cewek yang sudah melakukan solo traveling dengan berbagai tujuan.
 

Tips Solo Traveling untuk Cewek



Cewek cenderung lebih rentan mendapat tindakan buruk daripada gender lain. Apalagi jika sendirian. Berikut adalah tips solo traveling untuk cewek dari Insider.

Baca Juga: Yuk Staycation, Ini Hotel Keren yang Baru Buka di Dunia!
 

1. Pesan Dua Set Makanan


Saat sedang berlibur biasanya kita kelelahan setelah jalan-jalan seharian dan pesan makanan delivery jadi pilihan. Kalau hanya pesan satu makanan kurir yang mengantarkan akan tahu kita sendirian dan itu bisa memunculkan niat jahat.

Sebagai salah satu proteksi sebaiknya pesan lebih dari satu makanan sebagai kamuflase bahwa kita tidak sendirian. Ini akan menurunkan tingkat kejahatan yang bisa terjadi kepada kita.
 

2. Nonton Vlog Terlebih Dahulu


Setiap negara memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda. Apa yang sopan di negara kita belum tentu sopan di negara lain sehingga penting untuk menonton pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu berlibur melalui vlog. 

Menonton vlog juga membantu kita menentukan destinasi dan manajemen waktu sehingga saat waktu liburan bisa kita manfaatkan secara efisien.
 

3. Pakai Baju Seperti Orang Lokal


Cewek-cewek seperti kita sering disalahkan karena cara berpakaian kita. Apalagi di setiap negara punya tata cara dan ekspektasi yang berbeda terhadap cara berpakaian.

Maka dari itu untuk mencari aman kita lihat seperti apa orang-orang lokal berpakaian dan tiru cara berpakaiannya. 
 

4. Ikut Komunitas Perempuan Lokal


Saat solo traveling dan membutuhkan tour guide lebih baik pilih tour guide yang satu gender. Atau kalau bertemu dengan komunitas perempuan lokal lebih bagus lagi.

Meskipun solo traveling bukan berarti kita benar-benar sendiri. Justru solo traveling adalah waktunya berkenalan dengan orang baru. Kenalan dengan sesama perempuan agar lebih merasa aman.

Baca Juga: 3 Langkah Traveller Mengatur Keuangan

Gimana nih Be-Emers, sudah tahu tipsnya tinggal berangkat aja deh!

Myeong tunggu cerita pengalaman solo travelingnya, ya!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.