Ini 3 Tips Biar Betah Baca Buku

Rak Buku (Sumber: Unsplash, jannerboy62)

Rak Buku (Sumber: Unsplash, jannerboy62)

Like

Kegiatan membaca sudah menjadi kegiatan pokok di era digital saat ini nih, dimana kita terbiasa membaca tulisan mulai dari iklan, berita, tweet, hingga caption di media social yang kita gunakan.

Namun, kegiatan membaca kita terhadap buku sangat kurang nih, akibat dari cepatnya informasi yang beredar di sosial media

Baca buku pada akhirnya seperti kegiatan yang memakan waktu. Padahal, dengan membaca buku, kita dapat mempertajam daya ingat dan memperluas wawasan.

Banyak alasan di era yang penuh distraksi ini untuk tidak membaca buku. Mulai dari kegiatan yang makan waktu, hingga akses terhadap buku yang sulit.
 

Tips Betah Baca Buku

Sebenarnya, halangan itu bisa kalian hadapi bila kalian bersedia dan niat untuk memulai membaca buku. Nah, berikut tips bagi kalian yang ingin mulai membaca buku nih
 

1. Kalian Lagi Kepo Tentang Apa?

Pertanyaan ini yang harus selalu jadi hal pertama ketika kalian ingin memulai membaca buku. Karena dengan rasa penasaran, kalian akan mulai mencari informasi untuk memenuhi rasa penasaran itu.


Nah, dari sini kalian harus mulai meyakini sebuah informasi lengkap itu hanya dari buku, karena buku itu berasal dari buah pemikiran penulis yang kompeten di bidangnya.

Misal kalian penasaran dengan ruang angkasa, kalian bisa baca buku Cosmos karya Carl Sagan, seorang astronom kenamaan.
 

2. Bacalah Buku yang Kalian Suka

Hal ini penting karena terkadang kita membaca buku hanya kerena buku itu viral atau menurut orang-orang buku itu bagus.

Nah, hal ini harus dihindari karena ini bisa membuat kalian stop membaca karena rasa kecewa kalian terhadap bukunya yang tidak sesuai ekspektasi. Padahal dari awal, buku itu memang bukan yang kalian minati atau perlukan.


3. Temukan Genre Buku Bacaan Kalian

Jika kalian sudah menemukan buku-buku yang buat kalian penasaran, coba kalian cek genre apa yang paling kalian banyak baca. Jika kalian banyak baca nonfiksi, cobalah memulai baca di luar genre tersebut, agar memperluas bacaan kalian juga nih.

Bila membaca nonfiksi melelahkan, bisa coba genre fiksi kaya roman hingga fantasi. Jangan salah, dari genre fiksi pun kadang kita bisa mendapatkan wawasan mengenai hal nonfiksi juga, lho!
 
Nah, semoga dengan tips ini, bisa buat kalian memulai membaca buku nih. Kadang, cerita dalam buku lebih seru lho ketimbang cerita buku yang dialih wahana jadi film atau seri.

Kemudian, tak jarang juga informasi dari sebuah buku itu lebih lengkap lho, ketimbang informasi yang kalian terima dari media sosial atau platform lainnya. 

Terakhir, pesan dari George R R Martin penulis novel best sellers "Game of Thrones", yaitu:
 
A reader lives a thousand lives before he dies, the man who never reads lives only one.