5 Tipe Konten Tiktok yang Bisa Kamu Coba Tahun 2023!

Tipe Konten TikTok. (Ilustrasi: Canva)

Like

Salah satu media sosial yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir adalah TikTok. Bahkan, aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang banyak diunduh sepanjang masa.

Meskipun peringkatnya masih di bawah instagram, popularitas TikTok kian hari kian bertambah sehingga  muncul berbagai istilah seperti For Your Page (FYP), Sticth, Xyzbca, Point of View (POV), dan beberapa istilah lainnya.

Menurut KBBI, konten artinya informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Konten bisa berupa teks, citra, grafis, video, suara, dokumen dan sebagainya.

Aplikasi TikTok sendiri melahirkan banyak konten kreator baru dari berbagai kalangan, apalagi didukung dengan aplikasi lain yaitu Capcut yang memudahkan user untuk melakukan editing video sederhana. 

Konten kreator TikTok bisa menghasilkan cuan juga, lho. Penghasilan seorang konten kreator TikTok bisa dihasilkan dari program afiliasi, endorsment dan sebagainya.
 

Tipe Konten TikTok



Nah, apa saja sih jenis konten yang bisa disuguhkan apabila kamu memutuskan menjadi seorang TikTokers?
 

1. Monolog


Salah satu jenis konten ketika kamu berbicara sendiri, menyapa viewers langsung dalam videomu tanpa ada peran lain.

Jadi, dalam video tersebut hanya ada kamu yang berbicara seorang diri meskipun dalam proses perekaman bisa dengan bantuan orang lain maupun alat seperti tripod dan sebagainya. 
 

2. Roleplay


Istilah mudahnya adalah bermain peran. Konten ini mengharuskan kamu memerankan suatu tokoh. Uniknya, di TikTok roleplay ini biasanya diperankan oleh satu orang saja dan konten seperti ini memang biasanya lebih menarik.

Hal ini dikarenakan TikTok memiliki banyak filter atau efek yang bisa dipakai, misal sebagai permepuan bisa mencoba filter berkumis seolah laki-laki atau sebaliknya. 
 

3. Interview


Jenis yang ketiga ini tentu tidak asing. Konten ini seperti tanya jawab atau wawancara. Di TikTok, biasanya interviewer tidak tampak, hanya terdengar suaranya saja, akan tetapi ada beberapa konten yang justru memperlihatkan penanya untuk memperjelas ekspresinya ketika menahan tertawa.
 

4. Reviewer


Mendengar kata tersebut juga sama tidak asingnya dengan sebelumnya ya. Tentu saja konten ini berisi ulasan, baik produk maupun jasa. Menjadi reviewers tentunya harus paham apa yang disampaikan dengan baik dan tidak asal.

Menggali objek yang akan diulas lebih dalam menjadi salah satu langkah yang tepat. Sebelum membuat konten ulasan di TikTok, konsep script juga perlu dipersiapkan. Jenis konten ini, bisa diakhiri dengan tanya jawab kepada audience agar insight lebih ramai. 
 

5. Voice Over


Intinya, jenis konten ini merupakan rekaman suara diluar layar atau perspektif. Sebenarnya untuk voice over sendiri sudah banyak dilakukan sejak dulu, seperti pada iklan TV.

Voice over menjadi salah satu peluang karier yang banyak diburu saat ini seiring melesatnya perkembangan sosial media.

Konten TikTok juga banyak menggunakan voice over bahkan memberikan peluang untuk masuk fyp. Konten ini cocok untuk kamu yang kurang percaya diri tampil langsung di video. 

Nah, setelah tahu jenis konten di TikTok, tertarik enggak nih jadi konten kreator TikTok? Penghasilannya mulai puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah, lho.

Silahkan mencoba, barangkali bisa menjadi resolusi untuk menambah penghasilan di tahun baru ini.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.