Indonesia Mau Bikin Bursa Kripto! Memang Sudah Siap?

Bursa Kripto. (Ilustrasi: Canva)

Bursa Kripto. (Ilustrasi: Canva)

Like

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Indonesia berencana untuk membuat bursa aset kripto nih pada tahun ini.

Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) menyatakan bahwa membuat bursa aset kripto yang ideal akan membutuhkan proses yang panjang karena saat ini tidak ada acuan atau contoh yang bisa diikuti. 

Menurut Aspakrindo, penting untuk menentukan tugas bursa aset kripto atau bursa berjangka di Indonesia, yaitu bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan transaksi aset kripto secara tertib, teratur, dan transparan. 

Bursa juga akan bertanggung jawab atas pelaporan, fasilitasi transaksi, pengawasan pasar (real time), pengembangan produk, seperti crypto futures, rekomendasi sistem, dan keanggotaan. 

Bursa juga penting untuk melindungi konsumen dan mencegah tindakan perdagangan atau pendanaan yang negatif. Ada juga lembaga penyelesaian dan kustodian yang dapat membangun kepercayaan dan kepercayaan dalam investasi kripto di mata masyarakat dan investor. 
 

Sudah Direncanakan dari Jauh Hari



Dilansir dari Bisnis.com (05/01/2022) Bappebti sendiri menargetkan agar bursa aset kripto ini rampung pada tahun 2022. 

Penundaan dalam membuat bursa tersebut disebabkan oleh keinginan untuk memastikan bahwa ekosistem yang dibuat akan berfungsi dengan baik, namun juga menyulitkan Bappebti sebagai pengawas tunggal karena tanggung jawab atas masalah yang mungkin terjadi di pasar mata uang kripto. 
 

Langkah yang Harus Diambil


Ada beberapa langkah yang harus diambil untuk berhasil membuat bursa mata uang kripto di Indonesia. 
Salah satu langkah pertama dan terpenting adalah menetapkan kerangka hukum dan regulasi yang akan mengatur bursa.

Hal Ini termasuk menentukan peran dan tanggung jawab bursa, serta menetapkan aturan dan panduan yang akan berlaku dalam sistem operasionalnya. 

Aspek lain yang penting dari pembuatan bursa mata uang kripto adalah memastikan bahwa bursa memiliki infrastruktur dan sumber daya yang diperlukan untuk beroperasi secara efektif.

Ini termasuk hal-hal seperti server yang aman, tindakan keamanan siber yang kuat, dan kemampuan untuk menangani volume transaksi yang besar.

Mungkin juga diperlukan untuk menjalin kerjasama dengan bank, pemroses pembayaran, dan lembaga keuangan lainnya untuk memfasilitasi ekosistem kripto tersebut.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Bitcoin! Ini Kinerjanya Selama 14 Tahun

Selain pertimbangan teknis, juga penting bagi bursa untuk menjalin hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan utama, termasuk pedagang, investor, dan regulator. 

Membangun kepercayaan dan kepercayaan dalam bursa akan sangat penting bagi keberhasilannya, dan ini akan membutuhkan gabungan praktik bisnis yang transparan dan etis, dukungan pelanggan yang kuat, dan manajemen yang responsif.

Secara keseluruhan, proses pembuatan bursa mata uang kripto di Indonesia akan membutuhkan perencanaan yang cermat, perhatian terhadap detail, dan komitmen yang kuat untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Dengan mengatasi tantangan-tantangan ini dan bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan, mungkin untuk membuat bursa yang sukses dan berkelanjutan yang akan menjadi faktor penggerak pertumbuhan dan perkembangan industri mata uang kripto di Indonesia.
 
Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.