Tips Memulai Decluttering untuk Sambut Tahun Baru!

Ilustrasi decluttering (Foto: Freepik)

Like

Tahun baru adalah momen yang spesial bagi banyak orang. Momen ini jadi kesempatan untuk merenungkan masa lalu dan merencanakan masa depan.

Banyak orang memiliki resolusi tahun baru, yaitu dimulai dengan lebih rajin berolahraga, belajar skill baru dan diantaranya adalah menata rumah dengan rapi dengan cara decluttering
 

Apa itu Decluttering?


Decluttering adalah proses menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan dan menyusun ulang barang-barang di rumah agar lebih tertata dan teratur.

Dengan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dengan mengurangi stres dan menciptakan lingkungan yang nyaman.

Namun, beberapa orang merasa kesulitan atau bingung saat hendak melakukannya. Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara untuk memulai decluttering:
 

Cara Memulai Decluttering



Ada beberapa tips untuk kamu yang masih kesulitan untuk memulai decluttering. Simak tipsnya di bawah ini ya, Be-Emers!
 

1. Sisihkan Waktu


Tentukan jadwal khusus untuk melakukan decluttering, misalnya setiap hari Senin atau setiap akhir pekan.


2. Mulailah dengan Satu Ruangan atau Area


Fokus pada satu ruangan atau area dalam waktu yang bersamaan, seperti dapur atau meja kerja, dan kerjakan sampai tuntas sebelum berlanjut ke ruangan atau area lainnya.
 

3. Mulai dari Barang yang Paling Tidak Digunakan


Mulailah dengan barang-barang yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali. Dengan cara tersebut akan membuat lebih mudah untuk mengurangi jumlah barang yang harus disimpan.

Pertimbangkan untuk menjual, menyumbang, atau recycle barang-barang yang tidak digunakan.

Barang-barang yang masih dalam kondisi baik dapat dijual atau disumbangkan ke yayasan amal atau organisasi nirlaba.

Sedangkan barang-barang yang sudah tidak layak untuk digunakan lagi dapat dikreasikan menjadi sesuatu yang baru dan berguna.
 

4. Susun Berdasarkan Kategori 


Buat kategori untuk barang-barang yang akan disimpan seperti barang-barang yang digunakan setiap hari, barang-barang yang digunakan dari waktu ke waktu, dan barang-barang yang jarang digunakan.
 

5. Siapkan Sistem Penyimpanan yang Baik


Sediakan sistem penyimpanan yang sesuai dengan jenis barang yang akan disimpan, seperti rak, kotak, atau lemari.

Buat label untuk setiap rak, kotak, atau lemari agar lebih mudah dan terorganisir dengan baik untuk memudahkan mencari barang yang akan dipakai kedepannya.
 

6. Bersihkan Secara Teratur

 
Setelah melakukan decluttering, pastikan untuk membersihkan secara teratur agar tidak menumpuk barang lagi. Atur jadwal untuk membersihkan satu ruangan atau area dalam waktu yang telah ditentukan.

Setelah semua tahap decluttering sudah dilakukan jangan lupa untuk melakukan evaluasi untuk kedepannya, agar barang-barang di rumah selalu terlihat rapi dan terorganisir. 

Dengan melakukan decluttering maka Be-Emers dapat mengurangi tingkat stres dan memberikan ruang tambahan di rumah. Jadi, jangan ragu untuk mulai decluttering sekarang juga ya, Be-Emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.