5 Cara Baca Berita yang Menambah Pengetahuan!

Baca berita menambah pengetahuan (Foto: Bisnis Pro)

Like

Siapa yang suka baca berita tapi merasa kurang dapat wawasan? Bisa jadi cara baca berita kamu kurang tepat. Ini 5 tips cara baca berita yang menambah pengetahuan.

Saat ini perilaku membaca berita orang-orang sudah mulai berubah, dari yang tadinya membaca berita lewat koran fisik lalu mulai berpindah ke televisi dan sekarang sudah berpindah ke media online

Terkadang dalam membaca berita kita hanya skimming saja tanpa memahami isi berita tersebut. Alhasil pengetahuan yang disampaikan hanya lewat saja. 

Tenang, ada caranya kok biar isi berita yang dibaca terserap sebagai pengetahuan dan wawasan baru. 
 

5 Cara Baca Berita yang Menambah Pengetahuan


Terapkan 5 tips ini agar membaca berita sambil menambah wawasan.


Baca Juga: Dapat Cuan, Dapat Pengetahuan! Coba Aplikasi Ini!
 

1. Fokus pada Satu Topik


Usahakan saat membaca berita harus fokus. Bukan berarti fokus hanya membaca berita dengan tema tersebut. Namun, lebih ke fokus menyelesaikan berita yang sedang dibaca.

Saat membaca berita biasanya pikiran kita tidak sepenuhnya berada di sana sehingga terkadang memikirkan hal lain dan tidak menangkap maksud sebenarnya dari apa yang ingin disampaikan oleh berita tersebut.
 

2. Sedikit tapi Rutin


Membaca berita sedikit atau sebentar tapi rutin lebih baik daripada membaca berita dalam waktu yang lama hingga berjam-jam namun tidak rutin. Disiplin dalam membaca akan membentuk rutinitas.

Rutinitas ini secara tidak langsung akan mengasah otak dan melatih cara berpikir. Membaca secara rutin juga akan menambah wawasan dan memperbarui pengetahuan.
 

3. Minta Rekomendasi


Terkadang saat membaca berita kita membaca dengan asal, apa saja yang ada dalam jangkauan mata akan kita baca. Ini tidak salah, namun kita juga bisa meminta rekomendasi dari orang lain tentang berita apa yang mereka baca.

Baca Juga: Intip Serunya Book Week untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa!

Meminta rekomendasi akan memberikan variasi bahan bacaan. Tentu saja ini akan menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Apalagi terkadang ada bahasan tertentu yang kita hindari, dengan adanya rekomendasi kita seperti akan dipaksa untuk membaca berita dari ranah lain.
 

4. Catat Kosakata yang Asing


Dalam berita ada banyak topik dan pada topik-topik tertentu biasanya ada kosakata yang asing untuk orang Indonesia. Misalnya berita hukum ada beberapa yang menggunakan istilah hukum dari belanda. Atau berita ekonomi yang menggunakan kosakata ekonomi.

Dengan mencatat kosakata yang asing tadi, kita bisa mengulik lebih jauh apa maksudnya kemudian penggunaannya untuk apa saja. Ini sama saja dengan menambah perbendaharaan kosakata kita.
 

5. Cari Banyak Sumber


Setelah membaca satu berita dengan bahasan tertentu, ada baiknya mengulik lebih lanjut pembahasan tersebut dari perspektif penulis lain. Dengan kata lain baca berita dari sumber berita sebanyak-banyaknya.

Sumber berbeda akan memberikan perspektif berbeda, bisa jadi ada poin berita berbeda dan sebagai pembaca kita akan mendapat banyak sisi pemberitaan yang bisa menambah pengetahuan.

Nah, dengan menerapkan tips di atas kamu bisa membaca berita yang akan menambah pengetahuan Be-emers!

Tapi baca berita online kadang males sama iklannya enggak sih? Yuk, upgrade cara membaca kamu ke mode yang lebih nyaman tanpa gangguan iklan!

Dengan Bisnis Pro kamu bisa dapetin informasi terupdate tanpa gangguan iklan. Baca jadi lebih nyaman dengan Bisnis Pro.

Mau tau lebih jauh soal Bisnis Pro? Klik di sini ya!