Wow Ada 7 Unicorn Di Indonesia pada Tahun 2023, Apa Saja?

Startup unicorn Indonesia

Startup unicorn Indonesia

Like

Perkembangan startup di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Dari banyak yang berdiri beberapa tumbang, tapi ada juga yang sukses hingga menjadi unicorn. Ini daftar startup unicorn di Indonesia pada tahun 2023.

Kalau mendengar kata startup unicorn pasti yang terlintas langsung Gojek, Grab, dan Bukalapak. Tapi ketiga perusahaan tersebut sudah bukan level startup lagi Be-emers.

Startup merupakan perusahaan rintisan atau yang masih berjuang mendapatkan profit tinggi. Di Indonesia banyak startup yang akhirnya gulung tikar karena tidak dapat bersaing.
 

Startup Unicorn di Indonesia 2023


Sebaliknya, startup-startup ini berhasil berkembang hingga menjadi unicorn.

Baca Juga: 5 Startup dengan Ide Unik di Indonesia. Pernah Pakai?
 

1. Traveloka



Traveloka sudah lama menyandang predikat unicorn, tepatnya pada tahun 2017. Startup ini bergerak di bidang pemesanan hotel, transportasi, dan travel. 

Traveloka menjadi unicorn setelah mendapat kucuran dana dari perusahaan di bidang yang sama yakni Expedia, pada Juli 2017, Traveloka juga diberikan pendanaan oleh Global Founders Capital dan East Ventures. 

Sekarang angka valuasi Traveloka mencapai US$3 miliar atau setara dengan Rp42,6 triliun.
 

2. Dana


Dana sempat menjadi startup yang banyak didownload dan digunakan di Indonesia. Banyaknya pengguna membuat Dana berhasil menjadi unicorn pada 8 September 2022. 

Dana menjadi startup yang berfokus pada layanan keuangan digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia, yang berperan sebagai pembayaran digital untuk menggantikan dompet konvensional.

Nilai valuasi Dana pada saat berhasil menjadi unicorn adalah sebesar US$1,13 miliar atau senilai Rp16,9 triliun.
 

3. Ajaib


Ajaib Sekuritas berada di bawah naungan Ajaib Group yang berdiri sejak 2018 bersama dengan PT Takjub Teknologi Indonesia yang mengelola reksa dana atau Ajaib Reksa Dana.

Ajaib menjadi satu-satunya unicorn yang bergerak di bidang financial technology terkhusus sekuritas di Indonesia saat ini. 

Ajaib Sekuritas sendiri telah berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. Perusahaan ini memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun.
 

4. Kopi Kenangan


Meski terdengar seperti nama coffee shop, Kopi Kenangan merupakan startup yang di bidang food and beverage (F&B). Pertumbuhannya termasuk sangat cepat hingga bisa menjadi unicorn dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun saja.

Baca Juga: 6 Tingkatan Startup Sebelum Melantai di Bursa Saham

Sebagai startup unicorn, Kopi Kenangan memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun.
 

5. J&T Express


J&T Express bahkan sudah bukan di level unicorn lagi. Perusahaan ini telah melampauinya dan mencapai decacorn baru-baru ini dengan valuasi sebesar US$20 miliar atau Rp303 triliun.

J&T Express bergerak di bidang logistik dan jasa pengiriman di bawah PT Global Jet Express yang didirikan pada tahun 2015 oleh Tony Chen. 
 

6. Akulaku


Akulaku merupakan startup yang bergerak di bidang finansial, lebih tepatnya pinjaman online. Perusahaan tersebut memiliki valuasi sebesar US$2 miliar atau Rp30 triliun. Akulaku menjadi unicorn pada tahun lalu atau 15 Februari 2022. 
 

7. Xendit


Xendit sendiri merupakan startup teknologi finansial yang bergerak di segmen pembayaran atau payment gateway. Mereka telah menyandang status unicorn pada akhir tahun 2021.

Sebagai startup unicorn, Xendit memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun.

Dari 7 startup unicorn di atas mana yang sering kamu pakai Be-emers? Komen di bawah ya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.