Tips Rahasia Buat Gen Z Biar Bisa Beli Rumah!

Tips Rahasia Buat Gen Z Biar Bisa Beli Rumah! (Instagram Bisnis Muda)

Like

Saat ini Generasi Z atau Gen Z merasa skeptis tidak bisa mempunyai rumah dengan mudah dan murah seperti yang dirasakan oleh generasi sebelumnya.

Hal ini tak semata-mata bukan karena Gen Z mempunyai sifat boros seperti yang sering diasumsikan banyak pihak. Citra Gen Z di mata masyarakat saat ini adalah generasi yang boros. 

Rininta Hanum, ST., M.Eng, Ketua Program Inkubasi IBISMA (Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama) UII mengatakan bahwa berdasarkan sebuah survei, sebanyak 85 persen generasi Z ternyata tidak memiliki tabungan. 

Generasi yang lahir pada tahun 1997-2012 disebut memiliki minimal literasi terkait keuangan. Mereka tidak terbiasa mengatur keuangan dan cenderung menghabiskan uang untuk sesuatu yang bukan kebutuhan utama.

Tapi, di sisi lain Gen Z juga merasa bahwa biaya hidup memang semakin meningkat sedangkan income yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan hal tersebut.


Gen Z merasa mereka tak bisa memiliki rumah karena mahalnya biaya hidup dan harga properti yang terus meroket.

Baca Juga: Punya Budget Pas? Ini Tips Bangun Rumah dengan Dana Minim!

Tapi, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan oleh Gen Z agar bisa memiliki rumah di tengah biaya hidup dan harga properti yang terus naik. 


Tips Beli Rumah untuk Gen Z


Apa yang harus diterapkan oleh Gen Z agar bisa membeli rumah?


1. Menabung, Menabung, Menabung


Ini cara pertama, dan sudah jadi rahasia umum bahwa menabung adalah cara utama untuk bisa membeli rumah. Menabung lah mulai sekarang sekecil apapun nominal yang ditabung setiap harinya. 

Setiap bulan, alokasikan sebagian penghasilan kita untuk ditabung. Menabung tak hanya dalam bentuk uang bisa dalam bentuk produk investasi lain, seperti emas, reksa dana, atau mencicil tanah. 

Pastinya harus memahami risikonya dahulu. Kalau menabung risikonya tergerus inflasi. Kalau investasi ya risiko investasinya itu.


2. Buat Perencanaan Keuangan


Sudah nabung tapi uang enggak kekumpul? Ini yang perlu disiapkan, yaitu perencanaan keuangan. Merencanakan keuangan bukan berarti hanya menulis rencana saja, tapi juga disiplin dalam penerapannya. 

Kalo sudah mengalokasikan budget untuk jalan-jalan dan itu sudah habis ya jangan ada excuse untuk mengambil budget dari pos lain.

Baca Juga: Tips Punya Rumah di Tahun Indonesia Emas 2045 untuk Gen Z!


3. Riset Program Perumahan


Riset ini dalam artian mencari, memahami, dan menyeleksi. Pemerintah memiliki banyak program berbiaya murah untuk Gen Z yang belum pernah membeli rumah. 

Nah, program-program seperti ini bisa jadi peluang untuk Gen Z agar dapat membeli rumah dengan biaya yang lebih rendah.


4. Proteksi Diri dengan Asuransi


Mengasuransikan diri bisa membantu kita menghindari risiko yang tak terduga, seperti kecelakaan atau sakit yang memerlukan biaya yang besar.

Jadi, jangan lupa untuk mengasuransikan diri dan keluarga kita agar kita bisa tenang dan fokus dalam menabung untuk membeli rumah di masa depan.

Sudah tahu tipsnya, sekarang tinggal penerapannya. Bisa lah ya Be-emers~

 

Instagram Bisnis Muda Academy


Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.