Punya Budget Pas? Ini Tips Bangun Rumah dengan Dana Minim!

Tips membangun rumah dengan dana minim (Ilustrasi: Canva)

Tips membangun rumah dengan dana minim (Ilustrasi: Canva)

Like

Halo Be-emers, memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Tapi, enggak semua orang memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah impiannya. Tenang, dengan dana minim kamu masih bisa kok membangun rumah. Ini tipsnya!

Salah satu kendala dalam membangun rumah adalah masalah dana atau biaya. Bisa jadi tanahnya sudah ada, desainnya sudah oke, perizinan pun sudah namun biaya yang dimiliki kurang untuk membangun rumah impian. 

Bagi yang memiliki keinginan membangun rumah impian dengan dana yang terbatas, ada beberapa tips yang mungkin berguna.


Tips Membangun Rumah dengan Dana Minim


Setidaknya ada 5 hal yang bisa jadi pertimbangan kamu yang memiliki dana minim dalam membangun rumah.

Baca Juga: Beli Rumah Jadi atau Bangun Rumah Sendiri, Ya?


1. Desain Denah Rumah

 

Untuk desain denah kalian tidak perlu pakai jasa arsitek atau jasa gambar lainya. Cukup kalian cari di google desain gambar seperti apa yang kalian inginkan.

Setelah mendapat gambar yang diinginkan, langsung kalian cetak dan nantinya gambar itu kalian berikan pada kepala tukang untuk membuat rumah dengan denah yang tadi kalian cetak.


2. Jasa Tukang Bangunan


Untuk jasa tukang jika kalian ingin hemat dan tidak terlalu buru-buru dalam pengerjaan rumah kalian, cukup pakai 3 orang saja. 3 orang itu terdiri dari kepala tukang, asisten tukang, dan asisten tukang yang merangkap jadi tukang.

Tidak perlu menggunakan jasa mandor, bisa kita sendiri yang menjadi mandor.Tapi jika ingin lebih cepat pengerjaanya kita bisa menambah beberapa tukang lagi. Besaran gaji bisa disesuaikan dengan daerah masing-masing karena setiap daerah berbeda.

Selain itu, pakailah jasa tukang harian.
  1. Harian lepas, tanpa memberi makan cukup gaji harian saja untuk kalian yang tidak ada waktu menyiapkan makan untuk tukang. 
  2. Harian dapat makan, dengan memberikan makan, rokok, dan kopi.
Besaran gaji tukang harian lepas dan dan tukang harian dapat makan berbeda. Pastinya lebih murah tukang yang dapat makan.


3. Bahan Bangunan


Lebih baik kita belanja bahan bangunan sendiri. Kita juga harus survei toko material mana yang lebih murah tapi kualitasnya bagus dan pengirimannya cepat. Bahan seperti bata, batako, dan kayu sebaiknya langsung ke pengrajinnya karena harganya akan lebih murah.

Baca Juga: Mau Punya Rumah di Usia Muda? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!


4. Monitoring Pengerjaan Bangunan


Hal ini perlu dilakukan setiap hari karena dengan ini kita bisa melihat bagaimana kinerja tukang. Apakah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak, karena biasanya ada beberapa tukang yg pengerjaanya tidak sesuai intruksi kita.


5. Uang Entertain


Yang dimaksud uang entertain adalah uang yang kita siapkan untuk bonus jika pengerjaan sesuai target. Selain itu untuk membelikan camilan atau makanan karena semakin kita royal kepada tukang mereka akan semakin sungkan terhadap kita dan otomatis kerjanya akan semakin semangat.

Mungkin sedikit dari tulisan ini bisa membantu kalian yang ingin bangun rumah impian. Jadi kapan mau mulai membangun rumah? Komen di bawah ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.