Tips Punya Rumah di Tahun Indonesia Emas 2045 untuk Gen Z!

memiliki rumah sendiri saat Indonesia genap 100 tahun bukanlah hal yang mustahil (Sumber Gambar: Istock)

memiliki rumah sendiri saat Indonesia genap 100 tahun bukanlah hal yang mustahil (Sumber Gambar: Istock)

Like

Hai Be-emers, pernah dengar soal Tahun Indonesia Emas? Tahun itu akan terjadi di 2045. Saat itu kamu yang gen z pasti ingin memiliki rumah sendiri kan? Berikut ini adalah tips dan trik menabung agar kita bisa memiliki rumah di tahun 2045.

Kita saat ini berada di tahun 2023, artinya masih ada 22 tahun lagi menuju tahun 2045 atau Tahun Indonesia Emas. Sebagai generasi Z, pernah tidak kamu berpikir untuk mempunyai rumah sendiri di masa depan?

Semakin lama obrolan di kalangan gen z adalah semakin susahnya mendapatkan rumah untuk generasi mereka. Mahalnya biaya hidup dan meningkatnya harga rumah membuat banyak gen z yang skeptis bisa memiliki rumah sendiri. 


Tips Punya Rumah Sendiri di Tahun Indonesia Emas


Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar memiliki rumah sendiri saat Tahun Indonesia Emas 2045.


1. Mulailah menabung sejak sekarang


Tips pertama yang bisa kita lakukan adalah mulailah menabung sejak sekarang. Setiap bulan, alokasikan sebagian penghasilan kita untuk ditabung.


Baca Juga: Punya Budget Pas? Ini Tips Bangun Rumah dengan Dana Minim!

Misalnya, jika kita memiliki penghasilan sebesar 5 juta per bulan, kita bisa menabung sekitar 1 juta setiap bulannya. Dengan menabung sejak sekarang, kita akan memiliki cukup waktu untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah.


2. Buatlah perencanaan keuangan yang matang


Selain menabung, kita juga harus membuat perencanaan keuangan yang matang. Kita harus tahu berapa banyak uang yang harus kita tabung setiap bulan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang yang cukup untuk membeli rumah.

Kita juga harus tahu berapa besar uang muka yang harus kita bayarkan dan berapa besar cicilan bulanan yang harus kita bayarkan.


3. Cari tahu tentang berbagai program perumahan


Selanjutnya, kita juga harus mencari tahu tentang berbagai program perumahan yang ada di Indonesia. Ada banyak program perumahan yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan-perusahaan properti.

Dengan mencari tahu tentang berbagai program perumahan, kita bisa mendapatkan rumah dengan harga yang lebih terjangkau.


4. Investasi


Kita bisa menginvestasikan uang kita di saham, reksa dana, atau obligasi. Dengan berinvestasi, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan cepat dibandingkan dengan menabung di bank.

Baca Juga: Mau Punya Rumah di Usia Muda? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

Namun, kita harus hati-hati dalam memilih jenis investasi yang tepat dan juga harus tahu resiko yang mungkin terjadi.


5. Jangan lupa untuk mengasuransikan diri


Mengasuransikan diri bisa membantu kita menghindari risiko yang tidak terduga, seperti kecelakaan atau sakit yang memerlukan biaya yang besar. Jadi, jangan lupa untuk mengasuransikan diri dan keluarga kita agar kita bisa lebih tenang dan fokus dalam menabung untuk membeli rumah di masa depan.

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk menabung untuk punya rumah di tahun 2045 saat Indonesia genap 100 tahun.

Ingat, semakin cepat kita mulai menabung, semakin besar peluang kita untuk punya rumah di masa depan. Jadi, mari mulai menabung sekarang juga, Be-emers!
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.