Enggak Punya Penghasilan Tetap, Gini Caranya Atur Keuangan Freelancer

Like

Bisa bebas pilih klien, bebas mau kerja dimana aja, enggak ada yang protes kalau kamu sudah mandi apa belum, dan bisa dapat bayaran sesuai kemampuan, bikin status pekerja lepas atau freelancer makin banyak peminatnya nih.

Soal duit, penghasilan freelancer kadang masih “dipertanyakan” sih. Dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, perencana keuangan independen Freddy Pieloor bilang kalau freelancer itu kadang bisa dapat duit lebih banyak dari yang bergaji tetap lho. Yah, tapi itu semua tergantung dari berapa besar atau banyaknya proyek yang diterima.

Punya penghasilan yang enggak tetap, kadang bikin freelancer kewalahan. Nah, begini caranya atur keuangan freelancer biar bisa tetap aman walaupun proyek lagi sepi.

List Kebutuhan, Hitung, dan Catat Penghasilan
Kata Freddy, freelancer harus bisa menghitung berapa besar kebutuhannya setiap bulan. Enggak cuma itu, Be-emers juga mesti rajin mencatat dan menghitung pengeluaran bulanan.

Dilansir dari Bisnis.com, perencana keuangan independen Shierly juga bilang kalau sebaiknya freelancer selalu menghitung rata-rata penghasilannya terlebih dahulu. Caranya, Be-emers cukup menghitung penghasilan dalam satu tahun terus dibagi 12 bulan deh. Nah, angka itu bisa jadi acuan standar gaji Be-emers.


Hal itu dilakukan biar Be-emers bisa lebih gampang tahu kira-kira berapa banyak pemasukan, yang minimal harus ada setiap bulannya buat memenuhi kebutuhan. Ingat ya, yang harus diutamakan itu kebutuhan pokok kayak transportasi, makan, dan tempat tinggal (semisal Be-emers ada yang nge-kost atau sewa kontrakan).

Pas Be-emers mau membuat list kebutuhan, mbak Sherly menyarankan buat menganggarkannya dengan nominal kecil. Soalnya ini buat antisipasi kalau suatu saat Be-emers lagi "kere" alias sepi proyek. Jadi, se-enggaknya, Be-emers masih bisa bertahan hidup pas lagi masa paceklik. Hehe

Hindari Cicilan Berlebih, Siapkan Dana Darurat
Hari ini memang banyak banget godaan buat nyicil sesuatu. Hehe. Apalagi kalau lagi ada promo, wah hati-hati bisa jadi kalap mata, Be-emers.

Ingat, cicilan itu sifatnya rutin. Kalau pemasukan kita aja kadang enggak rutin, terus yakin nekat mau ambil banyak cicilan atau kredit nih, Be-emers?

Makanya, Freddy juga menyarankan buat menghindari pengeluaran kayak cicilan gitu nih. Dianggap belum punya penghasilan yang stabil, buat Be-emers yang tetap mau mengajukan kredit atau cicilan sebaiknya dipikir matang-matang lagi yah. Kalau bisa jangan ambil cicilan yang berlebihan, daripada nanti malah kena “bencana” keuangan. Hiii ngeri kan?

Nah, buat menghindari “bencana” atau hal-hal yang enggak terduga di masa depan, freelancer juga wajib buat punya dana darurat. Caranya, Be-emers bisa sisihkan 20-30 dari penghasilan tiap bulannya. Oya, ini juga harus rutin dilakukan ya, jangan cuma hedon aja yang rutin. Hihi