Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan Di Tahun Pertama Bisnismu!

Ilustrasi memulai bisnis pada tahun pertama. (Sumber gambar: Pexels.com)

Like

Buat para Be-emers yang lagi merintis bisnis pasti punya kendala pada awalnya. Tahun pertama biasanya jadi paruh waktu terberat buat sebagian besar pebisnis.

Setelah menemukan peluang dan belajar dari berbagai kesalahan baru biasanya bisnis sudah lebih settled. 

Pada faktanya, memulai bisnis memang bukanlah satu hal yang mudah. Buktinya tidak sedikit bisnis yang bangkrut di tengah jalan.

Bahkan ada yang pernah bilang kalau saja bisnis sudah bisa dibilang berhasil setelah melewati tahun kelimanya.

Beberapa tips ini mungkin bisa membantu Be-emers yang mau memulai bisnis. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak pembahasannya sampai habis!


Baca Juga: 8 Tips Membangun Bisnis Franchise Es Teh Solo yang Sedang Trend

 

Cari Uang

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan tanpa kapital yang kuat. Di tahun pertama cari cuan yang bisa jadi modal bisnis kedepannya sangat penting.

Tidak perlu terburu-buru buat punya kantor atau punya tim yang besar terlebih dahulu. Be-emers bisa mulai dengan tim yang kecil tapi efisien untuk kerja-kerja yang diperlukan.

Untuk memperkenalkan bisnis kalian ke orang-orang strategi marketing yang paling memungkinkan adalah dengan menggunakan sosial media.

Platform seperti Instagram dan Tiktok jadi tools marketing yang sangat efektif untuk mengenalkan siapa dan apa yang kalian lakukan. Yang paling penting, gak perlu biaya yang besar tapi efeknya bisa jadi sangat besar.

Satu yang paling penting selain dua hal di atas adalah, buat produk yang keren. Kalau bahasa gaulnya “product market-fit”. Saat produk yang bisnis kalian tawarkan sudah berada di pasar yang tepat, jadi pertanda baik bagi bisnis kalian.