Update Saham Bisnis Muda, Edisi 4 Agustus 2020

Update Saham Bisnis Muda

Like

IHSG kembali bergerak bullish hingga akhir sesi I perdagangan bursa hari ini (4/8). Meski belum kembali ke level psikologis 5.100, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau.

Dibuka menguat 0,31 persen, IHSG langsung menghijau ke level 5.021,81. Enggak lama setelah itu, pukul 9:10 WIB, IHSG langsung melesat ke level 5.051,98.

Hingga akhir sesi pertama perdagangan bursa hari ini, IHSG telah melonjak hingga 1,13 persen ke level 5.062,78. Penguatan itu membawa 9 dari 10 sektor di dalamnya bergerak positif.

Sektor perkebunan (agri) berhasil memimpin penguatan hingga 2,04 persen. Sementara itu, sektor properti justru harus terkoreksi 0,28 persen.
 

Kinerja Emiten

Perlu diakui, pandemi Covid-19 tentu akan membawa dampak yang cukup signifikan kepada kinerja sejumlah perusahaan. Beberapa di antaranya pun terpaksa boncos.

Namun, rupanya masih ada sejumlah emiten yang berhasil bertahan di tengah pandemi. Bahkan, kinerjanya sangat moncer sepanjang semester I tahun 2020 ini.


Dari sektor ritel, emiten pemilik gerai Alfamart (AMRT) berhasil meraih laba bersih lho. Dari laporan keuangan yang dipublikasi di laman Bursa Efek Indonesia, laba bersih AMRT memperoleh laba bersih Rp493,26 miliar, naik 23,2 persen secara tahunan.

Enggak cuma itu, pendapatan AMRT juga tumbuh hingga 5,33 persen. Dilansir dari Bisnis.com, moncernya kinerja yang diraih AMRT itu ditopang oleh meningkatnya penjualan dari segmen makanan. 

Selain itu, laba PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) juga meningkat hingga 32,25 persen. TOWR juga mencatatkan pertumbuhan dari segi pendapatan, beban usaha, dan aset perseroan.

Ada emiten favorit kamu yang kinerjanya cuan juga enggak kayak AMRT dan TOWR?

Cek juga yuk kabar lain seputar pasar modal di sini: