Bisnis Berkelanjutan: Pemahaman,Benefit, Konsep dan Contohnya

Bisnis Berkelanjutan memiliki dampak yang positif untuk kehidupan (Sumber gambar: Canva)

Like

Saat ini bicara tentang Sustainable Business atau yang dikenal bisnis berkelanjutan bukanlah sesuatu yang asing lagi.

Namun bagi beberapa pelaku usaha yang masih belum paham apa itu bisnis berkelanjutan, bagaimana konsep dan seperti apa contoh bisnisnya bisa mencari tahu dari artikel ini ya! 

Sustainable Business adalah istilah yang sering digunakan untuk penggambaran bisnis yang diharapkan bisa terus konsisten dan berkelanjutan tidak hanya untuk jangka pendek tetapi  juga untuk jangka panjang.

Bisnis berkelanjutan juga diketahui tidak hanya berdampak pada lingkungan sekitar saja, tetapi juga diharapkan mampu memberi dampak yang luas bagi para pelaku usaha.  
 

Bisnis berkelanjutan yang berdampak baik bagi kelestarian lingkungan/Canva


Ragam Benefit dan Tujuan Bisnis Berkelanjutan 

Setelah memahami apa itu bisnis berkelanjutan, berikut adalah beberapa benefit serta tujuan dari bisnis berkelanjutan bagi perusahaan: 

1. Bisnis Berkelanjutan Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 

Tujuan utama suatu perusahaan tentunya pasti ingin bisa menghasilkan keuntungan. Dengan menerapkan konsep bisnis berkelanjutan yang dampaknya bisa dirasakan masyarakat tentunya akan membantu meningkatkan keuntungan perusahaan.


Ketika kepercayaan masyarakat meningkat untuk suatu produk maka mereka akan menjadi pelanggan jangka panjang yang pastinya berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan. 

Baca Juga: Tips Membangun Bisnis Berkelanjutan, Cuan dari Jaga Alam!

 

2. Bisnis Berkelanjutan Menjaga Keberlangsungan Bisnis

Dengan memperhatikan ragam aspek seperti sosial, ekonomi dan lingkungan, bisnis berkelanjutan dinilai bisa meningkatkan efisiensi dan menjaga keberlangsungan bisnis bagi perusahaan lho.

Karena dengan penerapan bisnis berkelanjutan dinilai bisa meminimalisir pengeluaran dengan memilah pengeluaran produksi yang tidak diperlukan berkat penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan.  
 

3. Bisnis Berkelanjutan Cenderung Diminati Investor 

Benefit lainnya dari bisnis berkelanjutan yakni bisa menarik minat dari investor. Perusahaan yang menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan cenderung memiliki reputasi dan kepercayaan yang baik di mata masyarakat.

Sehingga investor banyak yang lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di perusahaan yang memiliki orientasi jangka panjang dan berkelanjutan.