Bisnis Berkelanjutan: Pemahaman,Benefit, Konsep dan Contohnya

Like

4. Bisnis Berkelanjutan Punya Peranan Menjaga Kelestarian Alam

Perusahaan yang menerapkan konsep berkelanjutan tentunya sangat memperhatikan dampak bagi lingkungan sekitarnya. Bisnis berkelanjutan tentunya akan menerapkan sistem dan teknologi yang sangat ramah lingkungan untuk tetap menjaga kelestarian alam sehingga menjadikan bisnis ini lebih bertahan lama. 

Prinsip bisnis berkelanjutan menurut John Elkington yang dikenal dengan istilah Triple Bottom Line (TBL) yakni tiga dimensi sebagai prinsip untuk mengukur keberlanjdari suatu usaha atau bisnis, antara lain: 

Dimensi alam yang meliputi persoalan konsumsi, polusi, limbah dan riset pengembangan. Dimensi sosial yang meliputi kepuasan karyawan, turn over, pelatihan, kepuasan konsumen, hubungan dengan masyarakat dan kegiatan filantropi.

Terakhir dimensi ekonomi yang meliputi perhatian terhadap kinerja perusahaan  baik dari sisi sumber daya seperti modal dan aset kerja, serta keuangan seperti laba dan rugi.

Baca Juga: Arief Muhammad Bangun Rumah di Mall, Sukses Jawab Tantangan Netizen?


Prinsip inilah yang menjadi indikator sejauh mana perusahaan bisa memiliki dampak terhadap ketiga aspek tersebut, sehingga bukan hanya keuntungan saja melainkan masyarakat dan lingkungan juga mendapatkan dampak yang baik dari bisnis berkelanjutan. 

 

Menara BCA menggunakan konsep green building/dok. istimewa

Menara BCA menggunakan konsep green building/dok. istimewa



Contoh bisnis berkelanjutan yang ada di Indonesia yakni yang dilakukan oleh PT Holcim. Perusahaan yang memproduksi semen tersebut menggunakan prinsip bisnis berkelanjutan yang ditunjukkan dengan menjadi salah satu pendiri Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dan Green Building Council Indonesia yang kini terdapat 14 bangunan yang menggunakan konsep green building.

Baca Juga: Batu Akik, Bisnis Unik yang Sangat Diminat: Simak Alasannya!

Selain itu PT Holcim juga menunjukkan komitmen dalam mitigasi perubahan iklim dan mengurangi emisi CO2. 

Sekilas tentang green building yang merupakan bangunan di mana sejak mulai dalam tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, hingga tahap operasional pemeliharaannya mengutamakan aspek-aspek dalam melindungi dan mengurangi penggunaan sumber daya alam, menjaga mutu dari kualitas udara di ruangan, dan memperhatikan kesehatan yang semuanya berpegang pada kaidah pembangunan yang berkesinambungan. 







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung