Pentingnya Money Parenting dalam Pendidikan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Money parenting penting diajarkan pada anak sedini mungkin Sumber Gambar: Pexels

Like

Sebagai orang tua tentu memiliki tujuan untuk melihat dan menyaksikan anaknya tumbuh menjadi dewasa yang penuh percaya diri dan mengajarkan nilai-nilai yang baik agar anak-anak dapat hidup mandiri di masa depan. Namun, setiap orang tua dan orang tua lain tentu dalam mencapai tujuan bisa berbeda. 

Tipe parenting juga beraneka ragam, namun sebagai orang tua perlunya menerapkan kontrol dengan ketat pada kehidupanan anak.

Karena kesalahan dalam mendidik anak memiliki dampak yang signifikan, jadi ilmu parenting menjadi suatu hal yang penting bagi setiap orang tua. 

Mendidik anak dimulai dengan menanamkan hal-hal positif dalan kehidupan sehari-hari, melalui itu maka dapat menyampaikan nilai agama, etika, tanggung jawab, kepedulian dan aspek mengatur keuangan. Jadi pengajaran konsep finansial ini disebut dengan Money Parenting.

Baca Juga: Fenomena Kerja Freelance di Kalangan Gen Z, Seberapa Worth It sih?
 

Apa itu Money Parenting?

Apa itu money parenting? Money parenting merupakan proses mengajari anak-anak tentang keuangan dan tanggung jawab ketika memperoleh uang.


Jadi dengan money parenting sebagai sebuah cara orang tua untuk meneruskan sikap dan keyakinan mengenai keungan pada anak-anak dengan harapan nantinya berpengaruh dalam penghasilan mereka kelak.

Dengan money parenting maka anak-anak dengan mudah memahami peran serta tanggung jawa dalam mengatur keuangannya, baik individu atau sosial.

Hal ini mencakup berbagai hal seperti cara mendapatkan uang, mengelola uang dengan baik, serta memahami uang untuk diinvestasikan.

Lantas apa manfaat money parenting pada anak, berikut beberapa keuntungannya: