Tetap Profesional dan Tenang di Situasi Genting, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Tetap profesional di situasi genting adalah sebuah tanggung jawab (Foto.Freepik.com)

Like

Pernah enggak kamu ngalamin momen dimana kamu lagi presentasi suatu proyek ke klien, eh tiba-tiba proyektor tidak menampilkan slide yang kamu buat alias layarnya hitam kosong?

Udah dicoba diperbaiki tapi tetap saja begitu. Duh, pastinya panik, stres dan bingung dong ya. Inilah yang juga terjadi pada acara 2024 Hari Menjadi Manusia di Kuningan City Ballroom Sabtu kemarin pas sesinya kak Sivia sama Levina lagi, mana acaranya diliput media massa, Oh My Gosh!

Tapi, puji Tuhan acaranya enggak langsung dihentikan gitu aja guys. Kalau kata para keynote speaker, kita harus tetap profesional, kontrol diri dan jangan membuat penonton tambah panik.

Soalnya kalau penonton panik, pasti mereka kecewa dan cenderung memaki pihak panitia atau keynote speaker bahkan bisa dengan kata-kata yang tidak sopan lho. Begini kuncinya:

Baca Juga: Ragam Booth Menarik dalam Digiland 2024: Dari Kuliner hingga Photo AI
 

1. Persiapkan diri akan segala kejadian tak terduga

Kendala teknis bisa mendadak terjadi, tanpa kita duga sebelumnya. Lebih baik kita menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.


Pahami betul-betul materi yang akan kita sampaikan jadi tidak melulu ‘nyontek’. Bangun interaksi dengan penonton, buat seasyik mungkin, biar perhatian mereka teralihkan dan fokus ke kita. Bisa dengan games, pertanyaan, obrolan basa-basi, bercandaan, dll.
 

2. Ketika kejadian tak mengenakkan itu terjadi, mohon diri secara sopan kepada penonton

Aku sangat terkesan dengan sikap Kak Levina saat layar LCD tak menampilkan salindianya tentang story behind Menjadi Manusia.

Beliau tetap tenang, meminta maaf kepada penonton dan minta waktu break sementara guna memperbaiki kendala teknis.

Kak Levina juga memberi pengertian kepada penonton biar gak terkesan ‘ngusir di tengah-tengah acara’.