Kerjaan Pemeluk Profesional, Gimana Jobdesk dan Tantangannya!

Berpelukan bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa stres. Ternyata memiliki profesi uniknya sendiri lho. (Foto.Freepik.com)

Berpelukan bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa stres. Ternyata memiliki profesi uniknya sendiri lho. (Foto.Freepik.com)

Like

Nyampe di Kuningan City Ballroom kok tiba-tiba disambut mas mas dan mbak mbak keliling sambil bawa spanduk kuning bertuliskan ‘Free Hugs’ ya? Mereka lagi kampanye? Eits, bukan ceunah.

Mereka itu adalah tim dari Menjadi Manusia Company yang berprofesi sebagai pemeluk profesional. Kalau kamu belum tau, Menjadi Manusia adalah storytelling company yang berusaha memberikan wadah bagi kisah unik setiap manusia sekaligus mental health support system. 

Ya, kamu tau kan terkadang kalau kita merasa hidup ini terlalu berat dijalani, kita butuh kekuatan biar tetap waras. Cara membangun kekuatan itu macam-macam entah dari kasih pelukan, doa, konseling hingga menyiapkan telinga untuk mendengar tanpa menghakimi.

Nah, jasa pemeluk profesional ini jadi salah satu layanan unik yang dimiliki oleh Menjadi Manusia. 

Baca Juga: Kecerdasan Buatan Ternyata Bisa Menemukan Cinta Sejati, Kamu Udah Coba?


Kayak gimana sih kak jobdesknya? Apa bener kerjaannya cuma meluk klien doang? Terus, syarat dan kemampuan apa yang harus dimiliki biar bisa ngelamar di posisi ini? 
 
Soal jobdesk, secara umum jobdesk seorang pemeluk profesional cukup banyak sih mulai dari berdiskusi dengan klien, menyediakan tissue/selimut/bantal/tameng buat jaga-jaga kalo klien nangis atau meluapkan kemarahannya ketika cerita, memberikan pelukan dan afirmasi positif (of course) juga ngasih masukan atau saran.

Pastinya untuk bisa melakukan jobdesk ini kamu harus punya rasa empati tinggi, sikap sabar dan bijak. Lebih baik lagi kalau kamu punya background pendidikan sebagai psikolog atau setidaknya pernah mengikuti pelatihan konselor karena sangat membantu kamu dalam memahami masalah klien plus gimana cara menyikapinya.