Pesan dari Digiland 2024: Dari Pengusaha hingga Komika yang Bisa jadi Pembelajaran!

Digiland 2024 mengusung tema Elevate Your Future yang menghadirkan panelis dari beragam latar belakang. Mulai dari pengusaha hingga komika memberikan pesan yang sangat bermanfaat(dokpri)

Like

Konferensi digital, Pasar Rakyat dan UMKM, serta panggung musik yang paling seru baru saja hadir dalam event Digiland 2024. Event tahunan ini digelar sebagai bentuk puncak perayaan ulang tahun Telkom Indonesia ke-59.

Tennis Indoor Senayan menjadi saksi bahwa event ini tak hanya sebatas memberi hiburan saja, tetapi ada unsur edukasi dan sosialisasi lintas generasi untuk capai tantangan digitalisasi era terkini. Di tahun ini Digiland 2024 mengusung tema Elevate Your Future yang kemudian diturunkan menjadi beberapa sub topik talkshow. 
    
Digital kerap terkait dengan teknologi yang menjadi katalisator untuk bangun inovasi terhadap negeri. Peluang dan manfaat untuk sektor kehidupan terpampang nyata, seiring Telkom Indonesia yang tetap bergerak aktif mendorong digitalisasi demi kemajuan teknologi. Inilah waktunya sebuah tantangan bisa diwujudkan untuk ciptakan peluang.
    
Berikut beberapa sesi konferensi yang penulis ikuti saat hari pertama Digiland 2024. Mari kita bahas satu per satu, insight baru apa saja yang diberikan para pakar dari ragam industri terhadap peluang digital dan pemanfaatan teknologi sesuai konteks terkini.
     
Sesi Elevating your Enterprise. Pada sesi ini, F.M. Venusiana sebagai Director of Enterprise & Business Service Telkom Indonesia menyampaikan Telkom Indonesia selalu konsisten menjalankan transformasi digital dalam roda bisnisnya.


Dengan bantuan pemanfaatan teknologi, Telkom terus berupaya menciptakan peluang. Misal ranah sektor business to business (B2B), Telkom Indonesia punya Indibiz yang tak bisa dipungkiri akan menggenjot profitabilitas secara berkelanjutan.

Pengembangan strategi bisnis digitalnya juga terus dibangun dengan kapabilitas dan kompetensi talenta digital yang memberi pelayanan optimal kepada masyarakat luas.
 

Denny Sumargo dalam event Digiland 2024 (dokpri)

     “Sukses bisnis harus disesuaikan dengan image atau personal branding supaya masing-masing usaha yang dijalankan bisa terus berjalan secara berkelanjutan. Develop your business for sustain!” ucap Denny Sumargo yang juga hadir sebagai konten kreator untuk memberi motivasi kepada para hadirin.     


Baca Juga: Digiland 2024: Pentingnya Memanfaatkan AI hingga Bagaimana Pelaksanaan Transformasi Hijau?

Andanu Prasetyo sebagai CEO Maka Group dan Founder Toko Kopi Tuku juga menambahkan bahwa fungsi pengembangan bisnis harus mengacu pada kemitraan strategis sehingga perusahaan dengan skala kecil sampai besar bisa bersaing secara global.

Penerapan strategi ini juga bisa makin autentik saat dibarengi dengan investasi. Jangan jadikan investasi itu jalan pintas untuk meraup cuan sebanyaknya, tapi justru harus dilakukan sebagai peningkatan bisnis sepenuhnya.

Para pembicara dalam sesi Elevating your Enterprise (dokpri)

Senada dengan konferensi sesi tersebut, selanjutnya ada tema Elevating your Passion dengan menghadirkan 4 komika yang lebih dikenal sebagai kreator Podcast Live Agak Laen.

Bene Dion mengungkapkan munculnya konten podcast seperti yang dibuat Agak Laen memang jadi peluang setelah dukungan internet dan teknologi hadir begitu nyata menyentuh publik dengan baik.

Hal ini dimanfaatkan mereka untuk meningkatkan performa dan memberi hiburan yang relate ke masyarakat luas. “Semua ini tidak pernah terjadi atau muncul kalau tidak ada internet dan tidak ada yang namanya teknologi,” ujarnya.