Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Ini Tipsnya!

Melakukan kegiatan yang disenangi membantu menjaga kesehatan mental (Dok.Pri)

Like

Akhir-akhir ini, topik tentang kesehatan mental semakin sering dijadikan sebagai pokok bahasan atau pembicaraan.

Sesungguhnya, apa yang dimaksud dengan kesehatan mental tersebut?

Di berbagai literatur, disampaikan bahwa kesehatan mental itu adalah kesehatan yang berhubungan dengan keadaan psikis, kejiwaan, atau emosi seseorang.

Keadaan psikis, kejiwaan, dan mental seseorang yang demikian, tentu dipengaruhi oleh banyak hal. Baik itu pengaruh dari dalam diri sendiri, maupun pengaruh dari luar diri seseorang.

Biasanya keadaan kesehatan mental seseorang itu, akan sangat berdampak pada cara berpikir, merasa, dan bertindak dari orang yang bersangkutan.


Baca Juga: Penyebab Masalah Kesehatan Mental di tempat Kerja dan Cara Menanganinya!

Bagi mereka yang mampu mengelola dan memiliki kesehatan mental yang baik, tentu akan sangat memengaruhi cara orang tersebut berpikir, merasa, dan bertindak secara positif dan baik.

Tentu berbeda sekali dengan seseorang yang mengalami gangguan atau penurunan pada kesehatan mentalnya, akan sangat berpengaruh pada cara berpikir, merasa, dan bertindaknya.

Bisa saja hal itu akan menimbulkan kesulitan untuk memutuskan sesuatu, menimbulkan penurunan produktivitas dan semangat beraktivitas, bahkan bisa juga berdampak pada perilaku.

Terganggunya kesehatan mental yang dimaksud, bisa saja terjadi di berbagai tempat. Salah satunya tempat kerja.