Generasi Sandwich Pengin Punya Dana Darurat? Ini Tips Meski Gaji 'Pas-Pasan'

Menyiapkan dana darurat untuk generasi sandwich dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut meski memiliki gaji pas-pasan Sumber Gambar: Pexels

Like

Generasi sandwich merupakan seseorang yang harus menanggung kebutuhan hidup dirinya sendiri, pasangan dan anak. Mereka berada di antara dua generasi yang memerlukan perhatian dan tanggung jawab dalam finansial.

Menjadi generasi sandwich memang bukanlah hal yang mudah, merawat keluarga secara fisik, mental serta keuangan ketika telah memiliki keluarga sendiri menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Maka dari itu generasi ini membutuhkan usaha yang lebih dalam membagi keuangannya, agar kebutuhan tetap tercukupi.

Salah satunya seperti dana darurat yang memberikan peran penting dalam masalah keuangan. Pada dasarnya dana darurat berdasarkan fungsinya menutup kebutuhan yang tidak terduga. 

Meskipun dengan status generasi sandwich dengan gaji pas-pasan juga perlu lho punya dana darurat. Khususnya, dana darurat ini digunakan ketika mengalami peristiwa di luar dugaan. Jadi, dengan punya dana darurat maka dapat memastikan adanya pegangan finansial.


Baca Juga: Mengelola Dana Darurat untuk Generasi Sandwich, Begini Caranya?

 

Pentingnya Dana Darurat untuk Generasi Sandwich

Alasan dana darurat sangat penting bagi generasi sandwich

Generasi rentan

Generasi sandwich dikenal dengan generasi rentan, karena generasi ini punya beberapa tanggungan, sehingga banyak pula uang yang harus disiapkan untuk peristiwa tidak terduga. Sehinggan kondisi finansial generasi itu sangat rentan.
 

Mengurangi gaya hidup konsumtif

Nah dengan memiliki dana darurat ini bisa juga mencegah gaya hidup konsumtif, karena dengan berorientasi pada dana darurat maka bisa berfokus pada tabungan dan akan mengalihkan gaya hidup konsumtif.
 

Arus kas aman

Keberadaan dana darurat ini dapat membantu keuangan, karena tidak perlu menjebol tabungan atau investasi untuk menutup biaya yang tidak terduga.