Kebanjiran Informasi Lewat Media Sosial, Menguntungkan atau Menyesatkan?

Like

Memilih untuk fokus pada informasi yang benar-benar relevan dan berguna akan membantu kita menjalani hidup yang lebih efektif dan produktif. Sebaliknya, membiarkan diri terbawa arus informasi yang tidak penting hanya akan menghabiskan energi dan waktu berharga kita.

Hidup dengan "minim info" mungkin terdengar bertentangan dengan zaman sekarang yang serba cepat dan terhubung. Namun, dengan membatasi asupan informasi yang kita terima, kita bisa lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan bermakna.

Ini bukan berarti kita harus menutup diri dari dunia luar, tetapi lebih pada bagaimana kita memfilter informasi dan memilih mana yang benar-benar bermanfaat bagi kita.

Baca Juga: Istilah Tone Deaf Seliweran di Medsos, Apa Makna Sebenarnya?

Hidup produktif dan efisien dengan minim informasi bisa dicapai dengan beberapa langkah sederhana. Pertama, batasi sumber informasi hanya pada yang terpercaya dan relevan dengan kebutuhan kita.


Kedua, tentukan waktu khusus untuk mengonsumsi informasi, sehingga kita tidak terus-menerus terganggu oleh notifikasi atau berita terbaru.

Ketiga, prioritaskan tugas dan tujuan harian tanpa terlalu banyak terpengaruh oleh informasi yang tidak relevan. Dengan demikian, kita dapat menjaga fokus, mengurangi gangguan, dan bekerja dengan lebih efisien.

Dalam kesimpulannya, kebanjiran informasi tidak selalu menguntungkan. Tantangannya adalah bagaimana kita dapat menyaring informasi yang masuk dan hanya mengambil yang bermanfaat. Dengan begitu, kita bisa hidup lebih efektif, produktif, dan efisien, tanpa merasa kewalahan oleh arus informasi yang tak terkendali.
















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung