Pengin Kecipratan dari Industri Wisata? Ini Usaha yang Bisa Kamu Coba!

Like

Fashion

Fashion lokal bisa mengikuti perkembangan pariwisata. Turis sering tertarik untuk membeli produk fashion lokal sebagai peringatan dari perjalanan mereka, atau sebagai hadiah untuk seseorang. Ini dapat membantu mendorong tingkat kesadaran dan keuntungan dari industri mode lokal.
 

Kerajinan

Pariwisata juga dapat memberikan peluang dagangan untuk kerajinan tangan lokal. Barang-barang kerajinan tangan ini biasanya memiliki nilai sentimental sebagai peringatan perjalanan turis.
 

Fotografi dan Media

Pariwisata juga dapat membuka peluang bisnis bagi para penulis dan fotografer, karena wisatawan sering mencari artikel dan foto yang menggambarkan destinasi yang mereka tuju. 

Pelaku bisnis media dapat menulis artikel yang menggambarkan destinasi pariwisata tertentu atau berbagi tips dan informasi tentang tempat tersebut untuk diterbitkan dalam majalah dan blog.

Fotografi perjalanan dan keindahan alam menjadi kebutuhan yang tinggi bagi para wisatawan, dan fotografer yang memiliki keahlian dalam bidang ini bisa menawarkan layanan foto perjalanan dan foto khusus untuk wisatawan

Baca Juga: Biar Tetap Eksis, Menparekraf Akan Sulap Pasar Buku Kwitang Jadi Zona Wisata Literasi!


Pertunjukkan

Pariwisata juga dapat membantu mendorong pertunjukan-pertunjukan tradisional lokal sebagai bagian dari pengalaman yang menyenangkan. Ini dapat membawa penghasilan tambahan untuk penari dan pembuat pertunjukan, serta membantu menyebarkan budaya lokal kepada dunia. 

 

Merintis dan mengembangkan usaha sesuai standar internasional 

Bagi kita pelaku usaha, ada baiknya mulai sekarang mengembangkan usaha sesuai standard-standard internasional, agar produk kita berkualitas dan diterima oleh semua kalangan.
 

Perlu Perbaikan Bersama

Meski demikian mengutip pembawa acara Ajeng Dianti di podcast Bisniscom bersama Prof. Azril Azhari, pariwisata Indonesia masih banyak perlu perbaikan. Perbaikan ini antara lain:
  1. Jaminan keamanan di daerah tersebut
  2. Keselamatan transportasi dan angka kriminalitas
  3. Berbagai macam jenis polusi
  4. Kebersihan lokasi, sarana, dan prasarana.
  5. Penggunaan teknologi,seperti robot dan AI untuk kemudahan turis.
  6. Dan paling penting adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perlu diprioritaskan.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung