Pengin Beli Gawai Idaman? Yuk Coba Terapkan Nabung dengan Teknik SMART!

Like

Relevant

Pastikan tujuan yang diinginkan relevan dengan kondisi saat ini dan memang mampu menunjang kehidupanmu.

Seringkali seseorang berkeinginan membeli gawai yang paling baru, paling canggih padahal kebutuhannya tidak menuntut demikian sehingga seharusnya uang yang dapat dibelanjakan untuk kebutuhan lain terasa sia-sia. Hal ini tidak relevan bila kamu memang seorang sultan yaaa xixi.

 

Time Bound

Tujuan yang ingin dicapai harus mempertimbangkan waktu. Artinya, kamu harus menetapkan secara jelas berapa lama waktu yang kamu perkirakan untuk mencapai tujuanmu.

Dengan mengetahui waktu yang jelas kamu akan lebih spesifik dan detil dalam melakukan investasinya. Pastikan juga ini berkaitan dengan gawai yang kamu butuhkan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat menjadikan gawai setahun yang lalu yang seharusnya masih bagus terasa sudah kurang bagus.

Baca Juga: Pengen Beli Gadget Baru Tapi Kantong Tipis? Yuk, Ikuti 8 Trik ini untuk Atur Uang Jajanmu!


Prinsip SMART sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai hal lain tinggal menyesuaikan dengan konteks yang diinginkan. Lalu, jika sudah menyusun rencana untuk investasi apa yang perlu dilakukan?

Banyak aplikasi investasi saat ini yang memudahkan penggunanya untuk mencapai tujuan investasi yang diinginkan melalui fitur-fitur tertentu.

Fitur-fitur yang dapat kamu gunakan di antaranya perhitungan berdasarkan waktu, fitur ini akan menghitung berapa uang yang perlu kamu sisihkan tiap bulannya untuk membeli gawai beserta investasi yang cocok sesuai profil investasi kamu.

Teman-teman dapat memanfaatkan aplikasi serta fitur apapun di dalamnya jika memang aplikasi dan fitur tersebut dapat menunjang tujuan investasi teman-teman. 

#Mon-FridayChallengeKemerdekaan








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung