Pengin Beli Gawai Idaman? Yuk Coba Terapkan Nabung dengan Teknik SMART!

Berbagai macam gawai (Sumber Gambar: media ajaib by Canva. com)

Berbagai macam gawai (Sumber Gambar: media ajaib by Canva. com)

Like

Seringkali ketika mendengar istilah investasi, bayangan kita tertuju pada kebebasan finansial, pengelolaan saham yang rumit, dsb.

Padahal investasi dapat juga digunakan untuk tujuang jangka menengah bahkan pendek dengan pengelolaan yang relatif mudah. Mari kita bahas.

Yang perlu kita terapkan dalam pengelolaan investasi adalah prinsip SMART (Specific, Measureable, Achievable, Relevant, dan Time Bound).

Penerapan prinsip SMART akan memudahkan kita mencapai tujuan yang kita inginkan seperti membeli gawai baru.


Specific

Tujuan kita dalam berinvestasi harus jelas dan spesifik seperti ingin membeli gawai baru dengan merk dan tipe tertentu. Kenapa penting? Karena semakin jelas dan spesifik yang kita inginkan, jalan yang perlu ditempuh juga akan lebih mudah dan jelas.

Baca Juga: Tips Efektif untuk Menjaga Kesehatan Saat Bekerja di Depan Komputer



Measureable

Tujuan yang harus kita capai juga harus terukur seperti membeli 1 unit baru gawai yang berharga sekian juta rupiah. Tujuan yang terukut akan lebih memudahkan dalam perhitungan serta persentase progres tujuan yang diharapkan.


Achievable

Tujuan yang akan dicapai memang sesuatu yang bisa didapatkan dengan kemampuan saat ini. Maksudnya apabila kamu seorang dengan penghasilan katakan 4 juta rupiah/bulan dengan biaya hidup yang juga hampir sama dengan pendapatan.

Pertimbangkan untuk membeli gawai yang sebanding juga dengan pendapatan kamu. Tujuannya adalah agar uang gawai yang diinginkan melalui investasi tidak mengganggu aliran uang yang seharusnya.