Laporan Keuangan dan Press Realese Keuangan Sama Penting, Lantas Apa Bedanya?

Like

Eits meski mirip, tapi kalau dilihat dari fungsi, teknik dan tujuan, keduanya berbeda ya guys. Ingat, tidak semua pengguna informasi keuangan mereka berlatar belakang bisnis, manajemen, perpajakan atau akuntansi lho.

Jadi, financial press release ditujukan buat memberi gambaran keuangan perusahaan secara singkat dengan bahasa yang umum dikenal sehari-hari. Intinya, biar publik tau apakah perusahaan dalam kondisi stabil, mengalami perkembangan pesat atau sedang berada di titik kritis. Selain itu, juga jadi senjata utama dalam mengangkat citra perusahaan. 

Biasanya, financial press release ditulis oleh sekretaris atau humas sekitar dua sampai tiga halaman saja. Poin penting yang wajib ada adalah pengenalan perusahaan pada bagian heading, dilanjut dengan persentase penjualan, sumber pendapatan dan profit yang diperoleh. Bisa juga ditambah dengan sedikit opini dari direktur sebagai penutupnya. 

Baca Juga: 5 Langkah Aman Membuat Laporan Keuangan UMKM di Era Digital!

Sedangkan untuk laporan keuangan perusahaan disiapkan langsung oleh tim akuntan, auditor internal serta auditor eksternal.


Di sini, kamu bisa melihat sekaligus membandingkan secara rinci nilai aset, kewajiban, modal dan arus kas perusahaan antar periode lengkap dengan catatan sekaligus opini auditnya.

Makanya, gak heran laporan mereka tebalnya tuh bisa berjilid-jilid. Macam skripsi saja!  Gimana, sudah paham bedanya? Perusahaanmu sudah menyerahkan dua-duanya atau baru satu saja nih? 











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung