Tips Membangun Hubungan Baik dengan Karyawan bagi Pemilik UMKM

Like

10. Memberikan Contoh yang Baik

Sebagai pemilik usaha, sekecil apapun bisnis yang dimiliki, kita adalah pemimpin. Maka perilaku kita akan menjadi sorotan dan panutan bagi karyawan.

Tunjukkan contoh yang baik dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil. Kepribadian kita adalah cerminan bagi usaha kita sendiri. Ketika kita dapat menunjukkan integritas, karyawan akan lebih mudah menghormati dan mengikuti arahan kita. 
 

11. Terbuka terhadap Perubahan

Sebagai usaha rintisan, bisnis UMKM seringkali harus beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar atau situasi ekonomi. Dengan setiap perubahan tersebut kita harus terbuka dengan karyawan.

Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap saran atau kritik yang mungkin muncul, serta siap untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. 

Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan yang kuat. Konsistensi dalam tindakan dan keputusan yang Anda buat sebagai pemilik usaha akan membantu membangun kepercayaan ini. Jangan hanya mengatakan apa yang Anda inginkan dari karyawan, tetapi tunjukkan juga melalui tindakan Anda.

Ketika karyawan melihat bahwa Anda memegang teguh nilai-nilai yang Anda sampaikan, mereka akan lebih mudah untuk mempercayai Anda dan mengikuti arahan yang Anda berikan.


Jangan sepelekan jumlah karyawan yang sedikit dan usaha yang masih kecil. Karena semua yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil.

Bagaimana kita membangun hubungan dengan karyawan adalah salah satu cara membangun fondasi kuat dalam usaha. Keberhasilan kita dalam mengatur dan mengelola karyawan ketika usaha masih rintisan adalah modal penting ketika usaha menjadi besar dan berkembang.

#Mon-FridayChallengeKemerdekaan



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung