Pengin Ikut Program Manajemen Trainee? Cek Persiapannya!

Like

Cara Mendaftar dan Mempersiapkan MT Sebaik Mungkin

Untuk memudahkan menyiapkan pendaftaran MT, coba persiapkan semua syaratnya sebaik mungkin sesuai alur pendaftaran. Alur pendaftaran MT pun ada banyak, namun berikut adalah:

1. Registrasi Online 

Lampirkan Curiculum Vitae (CV) yang terbaik, lengkapi profilnya, dan lengkapi dokumen-dokumen lain yang diminta (sangat disarankan hanya melampirkan dokumen yang diminta saja). 
 

2. Tes Online

Tes online yang dilakukan biasanya adalah logical test, numerical test, dan psychological test. Namun untuk psycological test ini kadang ada, kadang tidak ada. 

Logical test digunakan untuk melihat kemampuan calon dalam memecahkan masalah berdasarkan situasi dan informasi yang sudah ada.

Numerical test digunakan untuk mengukur kecepatan, ketelitian serta kemampuan numerik bagi para calon yang akan mendaftar.

Psychological test digunakan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif seseorang di berbagai bidang terutama yang berkaitan dengan posisi yang kandidat lamar
 

3. Wawancara Online

Wawancara ini paling sering dilakukan oleh pihak Human Resource (HR). Jika perusahaannya besar tes ini sangat berguna untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris.


Selain itu wawancara ini juga berfungsi untuk menggali pengetahuan yang dimiliki calon.
 

4. Pengecekan Latar Belakang

Di tahap ini biasanya dilakukan pengajian ulang dari semua data yang sudah masuk, mulai dari data CV dan hasil-hasil tes. Jika diperlukan, terkadang akan diberi tes tulis lagi. Oleh karena itu disarankan memiliki CV yang detail dan rapi.

Baca Juga: Peluang Karir Manajemen Trainee, Benarkan Sangat Menjanjikan?

 

5. Penilaian Akhir

Di tahap ini calon akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan presentasi dari data-data yang diberikan oleh pihak pemberi tes. Lalu akan diwawancarai lagi, dan dilakukan penilaian secara psikologi.


Tips tambahan

Selain menyiapkan berbagai persyaratan yang disebutkan di atas, kita dapat menambah nilai plus pada diri kita dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut, mempelajari ilmu-ilmu bisnis, mengeksplorasi ide-ide dan ilmu-ilmu perkembangan perusahaan.











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung