Mengembangkan Bisnis secara Optimal dengan Positioning

Positioning membantu pemilik bisnis mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan. Sumber gambar: Adobe Express

Positioning membantu pemilik bisnis mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan. Sumber gambar: Adobe Express

Like
Bisnis itu dikatakan oleh beberapa orang gampang-gampang susah. Orang yang memiliki modal besar belum tentu langsung berhasil ketika menjalankan bisnis. 
 
Pun seperti yang dikatakan oleh pebisnis Dodi Zulkifli yang menyatakan bahwa,
Ketika seseorang bisa membuat roti tidak sama dengan dia ahli bisnis roti. Ketika seseorang bisa membuat patung, tidak sama dengan dia ahli bisnis patung.

Artinya, bisa membuat suatu produk dan berbisnis itu memerlukan ilmu yang berbeda.

Baca Juga: Self Improvement untuk Pebisnis Milenial Agar Bisa Bersaing!
 

Ilmu Bisnis Positioning

Beberapa waktu lalu, ilmu bisnis sangat langka, biasanya hanya diwariskan secara turun-temurun. Artinya, orang tua yang sudah sukses berbisnis bisa dipastikan generasi penerusnya juga sukses berbisnis. 
 
Namun saat ini, ilmu bisnis sudah tersebar dimana-mana. Mulai dari yang gratis yang tersedia di berbagai media sosial seperti di YouTube, Tik-Tok, dan sebagainya. Hingga yang berbayar puluhan sampai ratusan juta.
 
Salah satu ilmu bisnis tersebut adalah positioning. Ilmu bisnis positioning adalah strategi pemasaran yang berfokus pada cara membedakan produk, layanan, atau merek sehingga mereka memiliki posisi unik dan menarik di pasar. Strategi ini membantu perusahaan menonjol dari pesaingnya dan menarik target pasar tertentu.
 
Bisnis positioning ini memiliki kelebihan antara lain dapat membangun brand yang unik, spesifik, dan menonjol sehingga orang lebih mudah mengenali brand tersebut daripada pesaingnya. Juga dapat menetapkan harga standar dan wajar bahkan cenderung bisa dinaikkan harganya meski harus dalam batas wajar tanpa harus banting-bantingan atau bakar-bakaran uang.
 
Bisnis positioning yang dicontohkan dan sedang dijalankan oleh Dodi Zulkifli adalah bisnis percetakan. Bisnis percetakan ini khusus untuk cetak berwarna dan tidak memiliki minimal order.