3 Solusi Kelas Menengah Turun Kasta, Ini yang Bisa DIlakukan Pemerintah!

Like

2. Menambah jumlah industri manufaktur

Bukan rahasia lagi, kinerja industri manufaktur di Indonesia sedang mengalami pelemahan. hal tersebut terjadi karena inflasi, banyaknya barang impor di pasaran dan daya beli masyarakat yang menurun.

Berkurang dan melemahnya industri manufaktur merupakan salah satu penyebab jumah kelas menengah mengalami penurunan.

Kinerja industri manufaktur yang melemah membuat para pelaku usaha melakukan PHK massal. tugas pemerintah untuk meningkatkan kinerja dan memperbanyak jumlah industri manufaktur di Indonesia. 

Baca Juga: Fenomena Kelas Menengah Turun Kasta, Bagaimana Mengantisipasinya?
 

3. Pemberian jaring pengaman sosial kepada kelas menengah

Sebagaimana diketahui sejak era pandemi sampai sekarang fokus pemberian jaring pengaman sosial atau bantuan hanya untuk masyarakat kelas bawah saja, sehingga membuat kelas menengah seakan tidak dipikirkan oleh pemerintah.

Apabila pemerintah tidak memikirkan atau tidak berusaha membantu kelas menengah, maka fenomena kelas menengah megalami turun kasta akan terus berlanjut.  












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung