Paus Fransiskus ke Indonesia; Embun Toleransi di Tengah Kegersangan

Like

Regulasi Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah juga punya hak istimewa untuk membuat kebijakan daerah yang bisa mendukung lestarinya toleransi di masyarakat. Begini, jika kamu pernah membaca berita perundungan anak di dunia pendidikan itu impact oknum yang kurang patuhnya pemerintah.

Bayangkan saja jika perundungan, saling mengolok antar suku, menodai tempat ibadah agama lain bisa jadi penyebab perpecahan.

Untungnya saat ini pemerintah daerah sudah mulai menguatkan aturan kebudayaan pada instansi di daerahnya. Seperti pemda DIY yang mewajibkan seluruh instansi di lingkungan pemerintahan untuk menggunakan baju adat setiap kamis pon.

Baca Juga: Paus Fransiskus Datang ke Indonesia: Intip Pesan untuk Tolerasi Beragama

 

Memasifkan Konten Digital Kerukunan Umat Beragama

Tentu bagian ini tidak boleh terlewatkan jika kamu merasa bagian dari masyarakat digital native. Karena  konten digital erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat.


Tentu konten ini tidak bisa hanya digaungkan saat perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya, perayaan natal, atau perayaan keagamaan lainnya. Platform media online seperti bisnismuda.id ini punya peran yang luar biasa.

Memperkokoh kerukunan umat beragama sekaligus menguatkan tali toleransi bukan hanya kewajiban Paus Fransiskus, Ulama, atau pentinggi agama yang lain.

Nilai ini layaknya tunas yang perlu disiram terus-menerus melalui lingkungan terkecil seperti keluarga, sekolah, atau perkantoran.

Semua orang punya tanggung jawab untuk memelihara toleransi. Gak perlu nunggu nanti-nanti, mulai aja dari sekarang. Dengan demikian bisa menciptakan harmoni antar umat beragama yang kuat dan berkelanjutan.


#Mon-FridayChallenge










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung